LKBN Antara gelar tes cepat di kantor Tirto.id

id rapid test,Lembaga Kantor Berita Nasional,covid-19,uji kesehatan wartawan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sum

LKBN Antara gelar tes cepat di kantor Tirto.id

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar tes cepat (rapid diagnostic test/RDT) bagi awak media di kantor media siber Tirto.id di Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). ANTARA/Fianda Rassat

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar tes cepat (rapid diagnostic test/RDT) bagi awak media di kantor media siber Tirto.id di Jakarta Selatan, Senin.

Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat dalam kesempatan itu mengatakan wartawan adalah salah satu profesi yang rentan terjangkit COVID-19 karena sifat pekerjaannya yang menuntut mobilitas tinggi.

Baca juga: Antara gelar tes cepat untuk insan pers

"Wartawan adalah salah satu profesi yang rentan tertular virus corona sehingga kami ingin berperan aktif dalam pencegahan penularan COVID-19 di kalangan media," ujar Meidyatama.

Dia juga mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Kantor Berita ANTARA terhadap insan pers, yang berada di garis depan dalam melaporkan COVID-19.

Meidyatama mengungkapkan bahwa kegiatan juga dalam rangka membantu upaya pemerintah menangani penyebaran virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Presiden: Silakan penegak hukum "gigit" yang berniat korupsi dana COVID-19

Pada kesempatan yang sama, Manajer Sumber Daya Manusia Tirto.id Ganesh Reza mengapresiasi kegiatan tes cepat yang digelar oleh LKBN ANTARA.

"Saya berterima kasih sekali kepada ANTARA, ini adalah bantuan yang sangat berguna terutama kepada wartawan kita, fotografer kita dan orang-orang lapangan. Ini bagus jelang kita masuk kantor lagi jadi rasa aman dan nyaman untuk bekerja lagi bisa dipastikan," kata Ganesh.

Dalam pelaksanaan tes cepat ini, tenaga medis dari Kantor Berita ANTARA sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, seperti mengenakan alat pelindung diri (APD), menerapkan kebijakan menjaga jarak fisik, serta mewajibkan seluruh peserta untuk mengenakan masker.

Baca juga: ANTARA gelar "rapid test" COVID-19 di Femina

Setiap peserta yang menjalani tes cepat saat pengambilan sampel darah dibatasi untuk menjaga jarak fisik, hasil tes cepat dapat diketahui dalam waktu 15 menit.

Informasi hasil tes disampaikan oleh petugas secara tertutup sehingga kerahasiaan tetap dijaga demi kenyamanan para karyawan.

Tes cepat ini adalah bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan Perum LKBN ANTARA, sehingga tidak ada pungutan biaya bagi para pesertanya.

Kegiatan serupa sebelumnya juga diadakan oleh LKBN ANTARA di kantor harian Rakyat Merdeka, Majalah Femina dan Kumparan.com.