Hari pertama puasa di Palembang, harga ikan bervariasi Rp18.000 hingga Rp22.000/Kg

id harga ,harga ikan,ikan tambak,ikan patin,ikan lele,ikan nila,puasa,ramadhan,pasar,pedagang ikan,pasar tradisional,pasar palembang,ikan ,COVID-19,coron

Hari pertama puasa di Palembang, harga ikan bervariasi Rp18.000 hingga Rp22.000/Kg

Pedagang ikan di Pasar Perumnas Palembang, Jumat (24/4). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

harga ikan tambak relatif stabil karena pasokan selalu tersedia dari agen
Palembang (ANTARA) - Harga ikan di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Sumatera Selatan, terpantau bervariasi pada hari pertama puasa, Jumat,  jika dibandingkan hari sebelumnya.

Harga ikan patin terpantau naik di Pasar Perumas Palembang dari Rp18.000/Kg menjadi Rp20.000/Kg, ikan lele justru turun dari Rp22.000/Kg menjadi Rp20.000/Kg, sementara harga ikan nila terbilang stabil Rp28.000/Kg, demikian juga dengan ikan patin Rp18.000/Kg.

Firman, pedagang di pasar tersebut mengatakan harga ikan tambak relatif stabil karena pasokan selalu tersedia dari agen.

Berbeda dengan harga ikan sungai yang sangat tergantung dengan pasokan dari beberapa daerah penghasil seperti dari Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Ikan gabus sedikit sekarang, sehingga harganya mahal Rp70.000/Kg. Saat ini air sedang dalam (penghujan),” kata dia.

Meski harga ikan cukup bervariasi, tapi Firman mengatakan terjadi penurunan omset dibandingkan hari biasanya. Walau saat ini memasuki Ramadhan, omzet harian menurun sekitar 20 persen karena pelemahan daya beli masyarakat.

Tommy, agen ikan gabus di Pasar 1 Ulu Palembang mengatakan harga ikan gabus cukup tinggi dalam sebulan terakhir karena berkurangnya pasokan.

Biasanya ikan gabus segar hanya Rp55.000/kg tapi sudah beberapa pekan meningkat menjadi Rp70.000/kg.

“Ikan gabus memang tinggi permintaannya di Palembang, karena jadi bahan baku untuk buat pempek,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan ANTARA di pasar tradisional Pasar Perumnas Palembang, justru sudah beberapa hari tidak ada pedagang yang menjual ikan gabus segar.

Baca juga: Rela mengantre, ikan giling jadi buruan ibu-ibu jelang Ramadhan di Palembang

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar