Ini lima resep masak mudah dengan rice cooker

id resep,kuliner

Ini lima resep masak mudah dengan rice cooker

Sup ayam (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Resep masakan yang mudah dan praktis dengan mengandalkan penanak nasi bisa jadi solusi bagi Anda yang mengurangi frekuensi ke luar rumah untuk membeli makanan. Penanak nasi juga bisa jadi alternatif darurat bila kompor mendadak tak bisa dipakai.



Berikut resep-resep makanan yang mudah dimasak hanya dengan menggunakan penanak nasi.

1. Sup ayam
Siapkan bumbu-bumbu dan sayuran yang sudah dipotong-potong. Nyalakan penanak nasi dan tuang sedikit minyak. Masukkan bumbu, air, dan sayuran yang Anda pilih, tunggu hingga matang.
Bubur Manado (Shutterstock)


2. Bubur Manado
Hidangan yang juga disebut tinutuan ini bisa dibuat dengan penanak nasi. Siapkan beras, potongan jagung, labu kuning, kemangi, kangkung, daun bawang, serai dan daun salam.

Pertama, masukkan beras dan sayuran serta air ke dalam penanak nasi, masak hingga berasnya menjadi setengah bubur. Kemudian tumis bawang putih dengan lada dan bumbu kaldu, masukkan ke dalam bubur setengah matang. Masak hingga matang, tambahkan dengan ikan asin dan sambal sebagai pelengkap.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Hi, I bake :) (@hiibake) on


3. Nasi + ayam bumbu
Penanak nasi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat resep viral dari Jepang, memasak nasi dengan ayam KFC. Anda bisa menggantinya dengan ayam dari tempat lain, selama ayam itu berbumbu.

Siapkan beras dan air seperti biasa, lalu masukkan ayam di dalam penanak nasi berbarengan dengan beras. Tunggu hingga matang. Bila ingin lebih gurih, tambahkan kecap asin dan kaldu ayam serta bawang putih sebelum menyalakan penanak nasi.

Ketika nasi matang, suwir daging ayam dan campurlah dengan nasi yang sudah berbumbu.

4. Omelet
Telur mata sapi hingga omelet dapat dimasak dengan mudah dengan penanak nasi. Panaskan mentega atau minyak di penanak nasi yang telah panas, lalu masak telur sesuai selera.

5. Makaroni dan keju
Masakan praktis ini hanya membutuhkan makaroni yang sudah direbus dengan kaldu ayam dan sedikit garam, tambahkan susu dan parutan keju.