Korem Gapo Sumsel antisipasi penyebaran COVID-19

id Corona, korem, virus,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Korem Gapo Sumsel antisipasi penyebaran COVID-19

Anggota Korem antisipasi COVID-19 (Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo terus mengantisipasi virus COVID-19 sehingga tidak terpapar di Sumatera Selatan.

Guna membatasi penyebaran virus corona di lingkungan kerja dan seputaran daerah kerja Korem 044/Gapo, pihaknya rutin sosialisasi dan aksi pencegahan, kata Kasi Pers Korem Gapo Letkol Inf Prabowo di Palembang, Jumat.

Menurut dia, banyak upaya yang sudah dilaksanakan untuk mengurangi penyebaran virus corona tersebut. Beberapa hari yang lalu seluruh unit kerja satuan Korem 044/Gapo secara bersama melakukan pembersihan di seluruh ruangan perkantoran dengan menyapu serta mengepel menggunakan larutan desinfektan.

Selain itu juga mensosialisasikan menjauhi kerumunan, meminimalisir bersentuhan dan berdekatan dengan orang lain.

Bahkan, lanjut dia, pada kegiatan shalat Jumat di Masjid Al-Ikhlas Makorem 044/Gapo melaksanakan prosedural berupa pengukuran suhu tubuh dengan alat pemindai suhu tubuh

Selain itu juga menyiapkan larutan sanitaizer untuk membersihkan permukaan tangan sebelum masuk ke dalam masjid.

Upaya yang dilakukan itu merupakan usaha kecil dan ringan sekaligus menuntut kesadaran bersama guna menanggulangi penyebaran COVID-19 di lingkungan Korem, ujar dia.

Dia mengatakan, dengan alat pemindai ini, paling tidak dapat mengetahui personel dengan suhu tubuh yang tinggi (lebih dari 37 derajat Celsius), maka yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat benar dan kalau bisa yang bersangkutan dipersilakan untuk beristirahat di rumah sejenak.

Meski belum pasti mereka terkontaminasi COVID-19, tetapi ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalisirnya. Dan untuk menentukan positif atau tidak, yang berkompeten hanya petugas kesehatan.

Menurut dia, sejauh ini dari beberapa hari menggunakan alat dalam mendeteksi para personel pada saat mengikuti kegiatan Rapim, Rakornis, Apel Dansat hingga shalat Jumat, semuanya masih dalam keadaan steril dan belum menemukan anggota yang terindikasi mengarah terpapar COVID-19.

Pihaknya terus menyiapkan larutan sanitaizer untuk membasuh tangan seperi sebelum shalat Jumaat, tambah dia.