Jorge Lorenzo kembali ke Yamaha

id motogp,jorge lorenzo,yamaha,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Jorge Lorenzo kembali ke Yamaha

Jorge Lorenzo melakukan selebrasi usai menjuarai Grand Prix Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo (13/11/2016) JAVIER SORIANO / AFP

Jakarta (ANTARA) - Jorge Lorenzo kembali bergabung dengan tim pabrikan Yamaha, namun kali ini akan mendapat peran baru sebagai pebalap program pengembangan tim asal Jepang tersebut.

Yamaha Factory Racing resmi mengumumkan merekrut juara dunia lima kali asal Spanyol itu di laman resminya, Kamis.

Baca juga: Jorge Lorenzo rasakan nostalgia bersama Yamaha

"Tentunya kami senang menyambut Jorge kembali ke Yamaha. Ketika kami tahu jika Jorge akan berhenti dari karier membalapnya, kami segera memintanya untuk bergabung bersama kami," kata Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis.

Lorenzo, yang menyatakan pensiun akhir musim lalu, menjalani debut MotoGP dengan Yamaha pada 2008 dan menghabiskan sembilan musim bersama tim pabrikan Yamaha dengan memenangi tiga gelar kelas premier di atas motor YZR-M1 pada 2010, 2012 dan 2015.

"Statistik dari capaiannya bersama kami dalam sembilan tahun kebersamaan itu tak perlu dipungkiri lagi. Dia adalah seorang pebalap MotoGP yang berpengalaman, yang sangat tak asing dengan M1 dan orang-orang di Yamaha."

Baca juga: AS Roma lengkapi daftar perempat finalis Coppa Italia

"Kita semua tahu Jorge adalah pebalap yang sangat teliti dan termotivasi, dengan konsistensi yang sempurna dan masukan teknis yang baik, semua kualitas yang kalian butuhkan dari seorang pebalap uji di level yang tinggi ini," kata Jarvis.

Lorenzo akan bekerja dengan kepala kru Silvano Galbusera dalam tim pengembangan dari Yamaha Factory Racing. Kendati demikian, belum ada rencana dari Yamaha untuk membuat Lorenzo sebagai pebalap wild card, namun peluang untuk itu tetap terbuka jika ia memutuskan untuk membalap lagi.

"Saya sangat senang dengan keputusan kembali bergabung dengan Yamaha Factory Test Team. Saya berencana untuk selalu terlibat dalam MotoGP dan kembali ke paddock, dan saya rasa ini adalah peran yang cocok untuk saya," kata Lorenzo.

Baca juga: Karier Rossi ditentukan pada hasil MotoGP 2020

"Saya paham tim ini dan juga M1 dengan baik. Yamaha cocok dengan cara membalap saya, dan akan menarik untuk kembali bertemu dengan motor lama saya."

"Saya ingin melakukan yang terbaik untuk masa depan Yamaha, dan saya harap pengalaman membalap saya akan sangat berguna bagi teknisi dan pebalap Yamaha untuk kembali merebut gelar bagi Yamaha."

Lorenzo akan mengendarai M1 untuk pertama kalinya tahun ini di ajang shakedown yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 2-4 Februari.

Dia juga ambil bagian di tes resmi IRTA dan sejumlah tes privat Yamaha tahun ini.