Warga serahkan dua pucuk senjata api ke Korem Gapo

id senjata api, kodim,serahkan,senjata api rakitan, kecepek,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, pal

Warga serahkan dua  pucuk senjata api ke Korem Gapo

Ilustrasi - Warga serahkan senjata api rakitan (Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Warga Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan secara sukarela menyerahkan dua pucuk senjata api rakitan laras panjang dan laras pendek kepada jajaran Korem 044/Garuda Dempo.

Kedua pucuk senjata api rakitan atau "kecepek" itu yakni satu laras panjang dari masyarakat Rantau Panjang Kecamatan Lawang Wetwan dan satu laras pendek dari warga Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin, kata Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani melalui Danramil 401-02/Babat Toman Kapten Inf Suhartono dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Kamis.

Penyerahan dua pucuk senjata api rakitan itu diterima pihaknya dari Kades Rantau Panjang Kecamatan Lawang Wetan dan satu pucuk senjata api laras pendek jenis Revolver dari warga Kelurahan Mangun Jaya kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin.

Penyerahan senjata api rakitan tersebut salah satu bentuk kesadaran masyarakat yang taat terhadap hukum, ujar dia.

”Kesadaran masyarakat menyerahkan senjata api tersebut sebagai bukti kesadaran warga terhadap hukum cukup baik. Penyerahan senjata api rakitan dari masyarakat itu setelah pihkanya mengimbau masyarakat sejak beberapa bulan lalu di wilayah tersebut.

Dimana setiap Babinsa masuk ke wilayah binaannya selalu mengimbau melalui kegiatan komunikasi sosial agar setiap warga yang memiliki senjata api  dengan kesadaran sendiri meneyerahkannya  ke aparat berwenang.

“Tujuannya untuk menekan terjadinya tindak pidana yang menggunakan senjata api di wilayah teritorial Koramil 401-02/Babat Toman khususnya dan Kodim 0401/Muba pada umumnya, karena dengan memiliki senjata api biasanya pelaku kejahatan lebih berani dan kejam terhadap sasaranya,” ujar Danramil.

Dalam kesempatan itu Danramil menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kades dan masyarakat yang telah membantu pihaknya dalam menyampaikan imbauan menyerahkan senjata api rakitan.

Sementara kepada warga masyarakat yang masih memiliki senjata api tanpa izin silakan melapor dan menyerahkan senjata tersebut kepada pihak yang berwajib, bisa melalui Koramil atau Kodim maupun ke pihak Kepolisian baik Polres maupun Polsek.