Ribuan peserta ikut tes Panwascam di Provinsi Jambi

id dua ribu peserta ikut tes panwascam

Ribuan peserta ikut tes Panwascam di Provinsi Jambi

Dua ribu lebih calon peserta untuk seluruh Provinsi Jambi itu sudah mulai melaksanakan kegiatan tes online untuk menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan seleksi di Kota Jambi diawasi anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrurozi.(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 2.573 peserta masih bertahan mengikuti seleksi untuk menjadi anggota Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jambi yang sudah dimulai sejak Jumat 13 Desember 2019.

"Saat ini dua ribu lebih calon peserta untuk seluruh Provinsi Jambi itu sudah mulai melaksanakan kegiatan tes online untuk menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), kata Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Rofiqoh Pebrianti, SP melalui Humasnya, Dedy Himawan, di Jambi, Senin.

Pelaksanaan kegiatan tes online itu berlangsung sejak Jumat dan Sabtu merupakan hari kedua pelaksanaan tes online dengan menggunakan aplikasi socrative di masing-masing Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Data yang masuk ke Bawaslu Provinsi Jambi jumlah peserta seleksi Panwascam diikuti oleh 2.573 orang terbagi dari 11 Kabupaten dan Kota.

"Tes online ini dibagi dalam beberapa sesi dari pagi hingga malam hari, sebagaimana jadwal yang sudah disampaikan ke para peserta tes dan setelah tes online akan dilanjutkan tes wawancara oleh Bawaslu Kabupaten/Kota masing-masing," kata Rofiqoh.

Setelah mengikuti tes online dilanjutkan tes wawancara yang akan dilaksanakan 16-17 Desember dan pada 18 Rabu Desember akan dilakukan pengumuman hasil serta pada tanggal 21 hingga 22 Desember 2019 akan dilakukan pelantikan anggota Panawascam yang terpilih serentak secara nasional termasuk di Provinsi Jambi.

Dikatakannya, saat ini tim dari Bawaslu Provinsi Jambi juga sedang melakukan supervisi ke Kabupaten/Kota, guna memastikan pelaksanaan tes berjalan dengan lancar. Supervisi ini dilakukan dalam rangka mempermudah koordinasi antara Bawaslu RI dengan Bawaslu Kabupaten/Kota termasuk apabila ada kendala bisa segera diatasi.

Berikut ini adalah jumlah peserta tes online Panwascam se-Provinsi Jambi untuk Kota Sungai Penuh diikuti sebanyak 192 orang, Kabupaten Kerinci 395, Kabupaten Merangin (389), Sarolangun (175), Bungo (365), Tebo (213), Batanghari (159), MuaroJambi (160), Tanjab Barat (159) dan Kabupaten Tanjab Timur (135) serta Kota Jambi sebanyak 231 orang.

Untuk diketahui secara nasional, ada sebanyak 54.619 peserta telah mendaftar sebagai calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 52.906 peserta.