Kematian akibat campak naik, korban kebanyakan anak-anak

id wabah campak,WHO,vaksin campak

Kematian akibat campak naik, korban kebanyakan anak-anak

FAIL FOTO: Sebuah foto kampanye vaksinasi di AS. 9 April 2019. REUTERS/Shannon Stapleton/File Photo (REUTERS/Shannon Stapleton)

Wellington (ANTARA) - Korban tewas akibat wabah campak di Samoa naik menjadi 53, pemerintah mengatakan pada hari Senin, ketika jumlah orang yang terinfeksi di negara kecil di Pasifik itu tumbuh lebih dari seratus hari.

Sebagian besar korban meninggal adalah anak-anak, dengan 48 di bawah usia empat tahun meninggal karena penyakit, menurut pembaruan pemerintah.

Lebih dari 3.700 kasus campak telah tercatat di pulau berpenduduk sekitar 200.000, dengan 198 kasus baru antara hari Minggu (1/12) dan Senin.

Kasus campak meningkat di seluruh dunia, bahkan di negara-negara kaya seperti Jerman dan Amerika Serikat, ketika orang tua menolak imunisasi karena alasan filosofis atau keagamaan, atau kekhawatiran, yang dibantah oleh dokter, bahwa vaksin semacam itu dapat menyebabkan autisme.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Oktober lalu memperingatkan tentang kembalinya wabah campak yang menghancurkan di seluruh dunia ketika jumlah kasus yang dilaporkan naik 300 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Kerentanan Samoa telah meningkat karena jumlah orang yang diimunisasi menurun, dengan WHO mengatakan cakupan vaksin hanya sekitar 31%.

Negara itu, dengan dukungan dari donor internasional termasuk Selandia Baru dan Australia, telah berlomba untuk memberikan vaksin kepada anak-anak sejak mendeklarasikan keadaan darurat pada 20 November dan sejauh ini telah memvaksinasi 58.150 orang. Sekolah dan universitas telah ditutup dan sebagian besar pertemuan umum dilarang di Samoa, yang terletak di selatan khatulistiwa sekitar setengah jalan antara Hawaii dan Selandia Baru.

Campak, virus yang sangat menular yang menyebar dengan mudah melalui batuk dan bersin, telah dilaporkan di negara-negara Pasifik lainnya, termasuk Tonga dan Fiji, tetapi belum ada laporan kematian di negara-negara tersebut, yang memiliki cakupan vaksinasi yang lebih besar.

Sumber: Reuters