Wabah Mpox, Menkes pastikan obat dan vaksin tersedia di Indonesia

id Mpox, Budi Gunadi Sadikin, Menkes, vaksin Mpox, Presiden Jokowi

Wabah Mpox, Menkes pastikan obat dan vaksin tersedia di Indonesia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan terkait Mpox di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (27/8/2024). (ANTARA/Andi Firdaus/aa).

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyediaan obat hingga vaksin menjadi strategi mitigasi yang dilakukan pemerintah dalam merespons wabah penyakit Mpox yang saat ini melanda dunia.   

Dalam pernyataannya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, Menkes Budi menjelaskan bahwa pihaknya telah mendatangkan 1.000 dosis vaksin Mpox yang kini tersisa 40 dosis untuk dikirim ke Bali.

"Kami kirim dulu ke Bali untuk orang-orang yang berisiko tinggi seperti petugas laboratorium, tenaga kesehatan, kemudian grup-grup yang berisiko tinggi, itu kita vaksinasi," katanya.  

Menkes Budi juga menyebutkan bahwa pemerintah sedang mengupayakan pengadaan tambahan vaksin Mpox yang lebih banyak dari Jepang, diharapkan dapat tiba dalam waktu dekat.   

"Vaksin ini kami beli dari Denmark, ada yang dari Jepang, yang Jepang ini belum mereka ekspor. Nanti arahan Bapak Presiden akan mencoba mendekati pemerintah Jepang, apakah kita bisa mendatangkan vaksin Mpox yang dari Jepang," katanya.

Dari segi fasilitas pengobatan, Menkes Budi memastikan bahwa semua rumah sakit di Bali dan Jakarta telah disiapkan dengan obat-obatan yang diperlukan.   

Ia menekankan bahwa semua pasien yang terinfeksi Mpox dipastikan sembuh dengan pengobatan yang tepat.