PLTU Baturaja bangun landfill fly ash dan bottom ash

id PT bangun Landfill fly ash dan Bottom ash,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

PLTU Baturaja bangun landfill fly ash  dan bottom ash

PLTU Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). (Antara News Sumsel/HO)

Baturaja (ANTARA) - PT Bakti Nugraha Yuda Energy pihak pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan membangun Landfill fly ash dan Bottom ash untuk mengurangi dampak debu dari sisa pembakaran batubara.



"Untuk mengurangi dampak debu dari sisa pembakaran batubara sebagai bahan pembangkit listrik PLTU Baturaja, Landfill fly ash dan Bottom ash 2x10 MW ini akan segera kami bangun di kawasan Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur," kata Humas PT Bakti Nugraha Yuda Energy (BNYE) selaku pihak pengelola PLTU Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Roni di Baturaja, Senin.



Dia menjelaskan, tujuan pembangunan Landfill ini untuk dijadikan tempat pembuangan atau penampungan debu, baik debu terbang (Fly Ash) atau debu endapan (bottom Ash) sisa pembakaran batubara.



"Selain itu, dengan adanya Landfill ini minimal bisa mengurangi biaya yang ditimbulkan dari sisa pembakaran tersebut," ungkapnya.



Desain landfill ini, kata dia, nantinya terdapat filter atau saringan sehingga sisa pembakaran batubara bisa ditampung dan disaring sehingga tidak mencemari lingkungan.



"Pipa ini yang akan mengalirkan air hasil resapan dari tampungan limbah hasil pembakaran batubara ke sumur pantau sebelum air dialirkan ke sungai sekitar area landfill. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar air resapan tersebut tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan," jelas dia.



Dia mengemukakan, rencana pembangunan Landfill ini sudah diwacanakan pihaknya sejak satu tahun terakhir, bahkan pihak perusahaan tersebut bersama konsultan telah mengajak warga setempat dan tim baik dari kesehatan ataupun tim ekonomi untuk mensurvey langsung ke lapangan.



"Saat ini izin untuk pembangunan Landfill ini masih dalam proses. Namun, rekomendasi untuk izin tersebut telah disetujui oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU," katanya.



Menurut dia, Landfill ini akan dibangun di atas lahan seluas 1,4 hektare yang sudah menenuhi target selama 20 tahun.



Pembangunan Landfill ini, lanjut dia, untuk menimbun flay ash maupun bottom ash yang ditimbulkan dari sisa pembakaran batubara sebagai bahan pembangkit listrik PLTU Baturaja.



"Selama ini sisa fly ash itu sebagian diambil oleh PT Semen Baturaja untuk dijadikan tambahan bahan baku semen. Sedangkan sisanya kami buat menjadi paving blok dan batako untuk membantu warga sekitar CSR," ujarnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar