Kodim 0403 OKU bekali Linmas pendidikan bela negara

id Anggota Linmas di Ogan Komering Ulu dibekali pendidikan bela negara

Kodim 0403 OKU bekali Linmas  pendidikan bela negara

Jajaran TNI Kodim 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). (Antara News Sumsel/HO/Doc : Kodim 0403 OKU)

Baturaja (ANTARA) - Kodim 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan memberikan pembekalan pendidikan bela negara kepada ratusan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), ormas, karang taruna dan masyarakat di Kecamatan Sinar Peninjauan.



"Pendidikan bela negara melalui kegiatan penyuluhan ini guna memupuk rasa cinta tanah air bagi seluruh peserta kegiatan tersebut," kata Dandim 0403 Ogan Komering Ulu, Letkol Arm Agung Widodo melalui koordiantor penyuluhan Kapt Arm Mazani di Baturaja, Sabtu.



Dia mengemukakan, penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan pembinaan teritorial (binter) terpadu Kodim 0403/OKU tahun 2019 dengan tema "Memberdayakan Wilayah Pertahanan melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh", tambahnya.



Dalam binter terpadu ini bertujuan untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan mempererat hubungan komunikasi sosial masyarakat dalam menjaga kemanunggalan TNI dan rakyat di wilayah itu.



"Dalam pembinaan teritorial ini kami selalu mengupayakan keterlibatan masyarakat mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan dengan memanfaatkan forum komunikasi yang ada di masyarakat Kabupaten OKU," jelasnya.



Menurut dia, pembinaan bela negara tersebut dilakukan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air sekaligus guna menghilangkan rasa acuh tak acuh terhadap keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



Melalui kegiatan tersebut, ia berharap para Linmas dan seluruh peserta dapat mengantisipasi hal-hal negatif di lingkungan masing-masing yang dapat meresahkan bahkan memecah belah NKRI.



"Kader bela negara ini penting untuk ditanamkan guna landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia sebagai bentuk revolusi mental yang saat ini mulai terkikis. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan seluruh masyarakat dapat bersama-sama menjaga keutuhan NKRI khususnya di Kabupaten OKU," terangnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar