GM Pelindo Palembang lepas 23 peserta SMN ke Palangka Raya

id BUMN,Siswa Mengenal Nusantara,Kementerian BUMN,Pelindo,IPC,Pelindo II,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari in

GM Pelindo Palembang lepas 23  peserta SMN ke Palangka Raya

General Manajer Pelindo II Cabang Palembang Agus Edi Santoso memberikan pembekalan ke peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Sumatera Selatan di Palembang, Selasa (13/8/2019). (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - General Manajer PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC Cabang Palembang Agus Edi Santoso melepas secara resmi 23 peserta Program BUMN Hadir Untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara 2019 ke Palangka Raya di Palembang, Selasa.

Puluhan siswa yang berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan akan berangkat menuju Palangka Raya pada Rabu (14/8) pagi menggunakan maskapai penerbangan Garuda.

Mereka juga diikutkan tiga guru pendamping, yang salah satunya guru berprestasi tingkat provinsi setempat, Alex Iskandar (SMA Negeri 1 Banyuasin III).

“Tentunya ini menjadi kebahagian tersendiri bagi peserta, bisa mengunjungi daerah lain di Indonesia. Bahkan, saya dengar ada beberapa di antaranya yang belum pernah naik pesawat,” kata Agus setelah melepas siswa secara simbolis pada acara pembekalan menjelang keberangkatan, yang turut dihadiri oleh perwakilan dari Perum Perumnas dan PTPN 7.

Ia berpesan ke para remaja millenial itu untuk selalu semangat dalam menjalani semua kegiatan, mengingat program SMN tergolong padat.

Ia juga  meminta peserta tidak melupakan kesehatan karena jika sakit maka kesempatan emas yang jarang terjadi tersebut akan terbuang sia-sia.

“Ini adalah bagian dari persiapan kalian untuk mencapai cita-cita, saya dulu juga aktif berkegiatan dan tidak menyangka akhirnya bisa mencapai jabatan sebagai 'leader' di Pelindo Cabang Palembang,” kata Agus yang pernah mengenyam studi di Swedia itu.

Salah seorang peserta SMN yang juga siswa SMA Negeri 4 Pagaralam, Dora Gusti Khairunissa, mengaku bangga terpilih mengikuti program tersebut.

Program yang memasuki tahun ke-5 itu memberikan kesempatan ke pelajar SMA terpilih untuk mengetahui budaya dan adat istiadat di daerah lain di Indonesia.

“Tentunya saya bangga sekali, dan sudah tidak sabar ingin ke Palangka Raya. Semoga saja, saya mendapatkan pengalaman baru yang bisa menjadi motivasi saya untuk mencapai cita-cita,” kata gadis yang bercita-cita menjadi dokter itu.

PT Pelindo yang menjadi koordinator pelaksanaan SMN di Sumsel bersama PTPN 7 dan Perum Perumnas akan menerima kunjungan 23 siswa dari Palangka Raya.

Beragam kegiatan sudah disiapkan penyelenggara, seperti kunjungan ke pelabuhan, bedah buku, dan pelatihan jurnalistik. Puncak kegiatan, yakni upacara bendera memperingati HUT Ke-74 RI di daerah itu yang rencananya di Lapangan Pelabuhan Boom Baru Palembang, kemudian dilanjutkan dengan beragam lomba antarkaryawan BUMN.