Warga manfaatkan daun pisang bungkus daging kurban

id daun pisang bungkus daging,daging kurban,idul adha 2019,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan am

Warga manfaatkan daun pisang bungkus daging kurban

Warga membawa daging yang sudah dibungkus dengan daun pisang untuk dibagikan saat Hari Raya Idul Adha 2019 di Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Minggu (11/8/2019). Foto Antara Jatim/ istimewa

Blitar (ANTARA) - Warga Desa Kalimanis, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, memanfaatkan daun pisang untuk membungkus daging kurban sebagai dukungan terhadap program pemerintah meminimalisir penggunaan plastik saat penyembelihan hewan di Hari Raya Idul Adha 2019.

Kepala Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Mujiono, mengatakan ide penggunaan daun ini tentunya bermanfaat sekali karena daging menjadi harum dengan dibungkus dan kembali seperti tradisi zaman dahulu.

"Suatu terobosan yang dapat kami aplikasikan di desa, sehingga mampu menjadi pelopor bagi masyarakat untuk kembali ke alam, seperti zaman mbah-mbah dulu, meminimalkan sampah plastik di Desa Kalimanis," katanya di Blitar, Minggu.

Ia mengatakan, di desanya melimpah aneka dedaunan yang bisa dimanfaatkan untuk membungkus daging. Selain daun pisang, juga bisa dipakai daun jati, sebab daunnya lebar. Masyarakat yang menerima juga senang, sebab daging yang diterima terlihat lebih segar.

Salah satu lokasi penyembelihan dilakukan di Dusun/Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Ada satu ekor sapi serta lima ekor kambing yang disembelih di tempat itu, beberapa di antaranya bantuan dari Yayasan Suara Hati Sidoarjo.

Ketua Yayasan Suara Hati Sidoarjo Rofiq Abidin mengatakan pihaknya sengaja memberikan hewan kurban di desa ini, sebagai realisasi dari program bakti BAQSOSA (bakti qurban sampai pelosok desa).

"Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, yaitu syiar kurban ke desa–desa yang minim akan daging kurban dengan tingkat perekonomian masyarakat yang relatif rendah," katanya.

Pihaknya juga sengaja menggunakan daun untuk bungkus daging, karena ikut serta mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik. Beberapa daun yang digunakan, misalnya daun jati, waru dan pisang.

Ia menambahkan, melalui semangat untuk berbagi dan keprihatinan akan pemerataan daging kurban, pada Hari Raya Idul Adha 2019 ini, yayasan membagikan secara total sebanyak dua ekor sapi dan 23 ekor kambing. Hewan tersebut didistribusikan ke beberapa kabupaten di Jawa Timur. Di Desa Kalimanis, ada satu sapi dan empat ekor kambing. Warga juga ikut serta memberikan hewan kurban, berupa satu ekor kambing, sehingga total kambing ada lima ekor.

"Bukan jumlah yang banyak, namun masyarakat di perdesaan mampu merasakan manfaat dari daging kurban tersebut, sehingga tidak terjadi penumpukan daging kurban di perkotaan saja," kata dia.

Pihaknya menambahkan, di Desa Kalimanis, Kecamatan Doko ini, Yayasan Suara Hati Sidoarjo telah membangun silaturahmi yang baik dengan masyarakat selama sembilan tahun. Setiap tahun hewan kurban yang diamanahkan disembelih dan dagingnya diberikan pada warga.

Seluruh daging kurban itu diberikan pada empat RT di desa tersebut. Seluruh daging juga dikemas dengan daun pisang dan aneka daun lainnya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan BAQSOSA tersebut selain menyembelih hewan kurban, juga mengadakan sejumlah acara lainnya, yakni permainan yang disertai dengan pembagian hadiah-hadiah pada anak-anak serta nonton bersama kisah-kisah para Nabi, Rosul dan para sahabat. Kegiatan itu dilakukan dengan harapan anak-anak semakin mengetahui perjalanan hidup para Nabi, Rosul dan sahabat dan bisa meneladaninya.