Kabupaten OKU galakkan program Jumat bersih

id Jumat bersih, oku jumat bersih, pemkab Oku, kebersihan, gotong royong

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis memimpin kegiatan Jumat bersih membersihkan sampah di kawasan Sungai Ogan, Jumat (9/8/2019). (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggalakkan program Jumat bersih dengan mengajak lapisan masyarakat dan pejabat di lingkungan pemerintahan daerah setempat untuk bergotong-royong membersihkan Kota Baturaja dari sampah.

"Kegiatan kebersihan ini rutin kami lakukan setiap pekan pada Jumat pagi untuk membersihkan sampah di sejumlah titik kawasan Kota Baturaja," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan, gotong royong yang dilakukannya hari ini bersama sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab OKU fokus membersihkan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan agar bersih dari sampah.

"Kali ini kegiatan membersihkan sampah dipusatkan di pinggiran Sungai Ogan mulai dari seputaran Jembatan Ogan III sampai ke Jembatan Ogan I Kota Baturaja," katanya.

Menurut dia, program Jumat bersih tersebut dilaksanakan untuk mendorong masyarakat di wilayah setempat mulai dari lingkungan perkotaan hingga ke desa-desa agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan termasuk di DAS.

"Melalui gerakan Jumat bersih ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan lingkungan yang sehat," harapnya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini juga dilakukan sebagai persiapan penilaian Adipura yang akan dilakukan oleh tim penilai dalam waktu ini agar penghargaan bidang kebersihan tersebut dapat diraih kembali seperti 2018 silam.

"Program Jumat bersih menjadi salah satu fokus utama kami agar Kabupaten OKU menjadi kabupaten bersih dan sehat sehingga piala Adipura dapat diraih kembali tahun ini," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar