Syamsul Gultom terpilih menjadi Rektor Unimed

id dr syamsul gultom terpilih jadi rektor unimed,Dr Syamsul Gultom,terpilih menjadi Rektor Unimed,Rektor Unimed

Syamsul Gultom terpilih menjadi Rektor Unimed

Dr Syamsul Gultom, SKM, M.Kes terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Medan pada periode 2019-2023, Kamis (27/6). (Antara Sumut/Foto Istimewa)

Medan (ANTARA) - Rapat Senat Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara bersama Menristekdikti di ruang sidang A gedung pusat administrasi Unimed berhasil memilih Dr Syamsul Gultom, SKM, M.Kes menjadi Rektor di Perguruan Tinggi Negeri itu untuk periode 2019-2023, Kamis.

Ketua Senat Unimed Prof Dr Abdul Hamid K,MPd, dalam sambutannya mewakili seluruh anggota senat mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Dr Syamsul Gultom, SKM, M.Kes sebagai Rektor Unimed periode 2019-2023.

"Kita bersyukur karena semua tahap demi tahap proses pemilihan Rektor Unimed berjalan dengan aman, sukses dan tidak ada sesuatu halangan apapun," ujarnya.

Hamid juga mengatakan, seluruh civitas Unimed mendoakan semoga Syamsul Gultom akan membawa kampus hijau Unimed menjadi universitas yang maju dan unggul.

"Selain itu, mudah mewujudkan visi, misi dan tujuan yang telah dicanangkan selama memimpin Unimed ke depan," katanya.

Sementara, anggota Senat Universitas Negeri Medan (Unimed) berjumlah 52 orang, sedangkan yang hadir dalam Rapat Senat bersama Menristekdikti dengan agenda Pemilihan Rektor Unimed periode 2019-2023 itu, adalah 51 orang.

Sedangkan satu orang tidak hadir, karena tugas kantor ke Hongkong.

Dalam pemilihan Rektor Unimed, setiap anggota senat memiliki hak 1 suara, sedangkan Menristekdikti memiliki 27 hak suara, yakni 35 persen dari jumlah Senat Unimed.

Hal itu, sesuai aturan Permenristekdikti Nomor 21 Tahun 2018 tentang pegangkatan dan pemberhentian pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Anggota Senat Unimed terdiri dari unsur pimpinan yakni Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga dan Ketua Unit, serta lima orang perwakilan dosen dari setiap fakultas (sesuai statuta Unimed).

Menristekdikti diwakili oleh Ari Hedrarto Saleh,SE,MSi (Kepala Biro SDM Kemenristekdikti) turut menghadiri dan memberikan suara dalam pemilihan tersebut.

Hasil Pemilihan Rektor Unimed periode 2019-2023 adalah 1.Dr Syamsul Gultom,SKM,M.Kes memperoleh 78 suara, 2. Dr Martina Restuati,MSi tidak memperoleh suara, dan 3. Dr Marice,M.Hum.

Dengan hasil tersebut, Pimpinan Rapat Senat dan utusan Menristekdikti memutuskan Dr Syamsul Gultom,SKM,M.Kes, sebagai Rektor Unimed terpilih untuk masa periode 2019-2023.