DPRD gelar paripurna istimewa HUT Muratara ke-6

id hut ke 6 muratara,dprd muratara,sidang istimewa dprd muratara,hut muratara

DPRD gelar paripurna istimewa HUT Muratara ke-6

Gubernur Sumsel Herman Deru (tengah) didampingi Bupati Muratara Syarif Hidayat (kiri) dan Ketua DPRD Muratara Efriansyah (kanan) pada rapat paripurna istimewa dengan agenda memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-6 tahun 2019 di Muara Rupit, Kamis (27/6) (ANTARA News Sumsel/Dok Humas Pemkab Muratara)

....Muratara terlahir dari kesejarahan wilayah, budaya, bahasa daerah, adat istiadat dan administrasi pemerintah daerah yang telah berjalan puluhan tahun....
Muratara, Sumsel (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda memperingati hari jadi ke-6 kabupaten itu.

Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Muratara Efriansyah yang didampingi Wakil Ketua Hendri dan A. Suhada di Muara Rupit, Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis.

Hadir pada kesempatan itu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru beserta Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru, Bupati Muratara Syarif Hidayat beserta Ketua Tim Penggerak PKK Muratara Lia Mustika Syarif, Forkopimda Provinsi Sumsel dan Kabupaten Muratara, para kepala daerah se-Sumsel dan kabupaten/kota tetangga, para anggota DPRD Provinsi Sumsel dan Kabupaten Muratara, para pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan Pemkab Muratara, serta tamu undangan lainnya.

Tema dalam rangka memperingati hari Kabupaten Muratara yang ke-6 tahun 2019 adalah "Dengan hari jadi ke-6 Musi Rawas Utara kita gelorakan semangat Beselang Serundingan menuju Musi Rawas Utara bangkit dan sejahtera".

Ketua DPRD Muratara Efriansyah menuturkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Muratara Nomor 8 Tahun 2016 tentang hari jadi Kabupaten Muratara, peringatan ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Peringatan ini juga kata dia sebagai momentum apresiasi kepada pelaku sejarah dalam pembangunan dan sebagai intropeksi terhadap pembangunan di daerah itu yang merupakan daerah otonomi baru hasil pemekaran dari kabupaten induk Musi Rawas.

"Muratara terlahir dari kesejarahan wilayah, budaya, bahasa daerah, adat istiadat dan administrasi pemerintah daerah yang telah berjalan puluhan tahun di tengah masyarakat dan diakui serta tercatat dalam perjalanan sejarah Republik Indonesia," katanya.

Selain itu, dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah di semua tingkat agar bersatu dalam menyukseskan segala program pembangunan Kabupaten Muratara.

"Sebagai kabupaten yang baru berusia enam tahun tentu terfokus untuk membangun dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kami mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk memberikan bantuan dalam rangka peningkatan pembangunan agar Muratara dapat sejajar dengan kabupaten kota lainnya di Sumsel," harapnya.
DPRD Kabupaten Muratara menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-6 tahun 2019 di Muara Rupit, Kamis (27/6) (ANTARA News Sumsel/Dok Humas Pemkab Muratara)

)

Ia berharap dengan momentum tersebut menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh masyarakat Kabupaten Muratara guna mewujudkan keberhasilan pembangunan secara menyeluruh seperti yang diharapkan bersama.

Sementara Bupati Muratara Syarif Hidayat menyampaikan, peringatan hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-6 tahun 2019 itu merupakan tahun keempat dirinya bersama Wakil Bupati Devi Suhartoni melaksanakan amanah memimpin daerah tersebut.

"Sudah sepatutnya, atas nama Pemkab Muratara kami mengucapkan terima kasih sebesar-besanya kepada masyarakat Muratara yang telah banyak mendukung dan bersama-sama bergandengan tangan dalam pembangunan," katanya.

Bupati Syarif juga memberikan apresiasi kepada seluruh perusahaan investor yang telah berkontribusi dalam membangun Kabupaten Muratara melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain itu lanjut Syarif, untuk percepatan pembangunan, Pemkab Muratara telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan dan pelatihan, kesehatan, pertanian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Semua pembangunan yang kami laksanakan ini merupakan kepercayaan dan amanah masyarakat kepada kami sebagai fasilitator pembangunan.

Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama bahwa keberhasilan penyelenggaraan pembangunan tidak lain adalah bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan pemerintah provinsi tahun ini memberikan bantuan untuk pembangunan stadion Kabupaten Muratara dengan dana sebesar Rp9,5 miliar.

Kemudian juga peningkatan jalan provinsi dari Desa Bukit Ulu Kecamatan Karang Jaya sampai Desa Maur Kecamatan Rupit dengan dana sebesar Rp15,3.

"Kami juga bantu dana sebesar Rp11,5 miliar untuk peningkatan beberapa jalan di Kabupaten Muratara," ujarnya.

Selain itu, Pemprov Sumsel juga menganggarkan dana senilai Rp2 miliar lebih untuk 82 desa di Muratara dengan rincian masing-masing desa sebesar Rp25 juta untuk mendukung pembangunan desa.

Pihaknya juga mendapat permintaan dari Pemkab Muratara terkait peningkatan status jalan Muara Rupit - Karang Dapo sampai perbatasan Musi Rawas (Lakitan) dan Simpang Nibung - Tebing Tinggi - Bingin Teluk sampai perbatasan Musi Banyuasin agar ditingkatkan statusnya menjadi jalan provinsi.

"Semuanya akan kami pertimbangkan dahulu, apalagi kedua ruas jalan itu katanya sangat strategis menghubungkan baik antara Kabupaten Muratara dengan Kabupaten Musi Rawas, maupun Kabupaten Muratara dengan Kabupaten Musi Banyuasin," katanya. (Rahmat Aizullah/adv)
Gubernur Sumsel Herman Deru (tengah) menyerahkan berkas bantuan Pemprov Sumsel kepada Bupati Muratara Syarif Hidayat (kanan) didampingi Ketua DPRD Muratara Efriansyah (kiri) pada rapat paripurna istimewa dengan agenda memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-6 tahun 2019 di Muara Rupit, Kamis (27/6) (ANTARA News Sumsel/Dok Humas Pemkab Muratara)








 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar