Dinas Sosial kembangkan unit pelayanan keliling

id Pelayanan sosial keliling, pelayanan sosial, dinsos,pelayanan keliling

Dinas Sosial kembangkan unit pelayanan keliling

Kepala Dinas Sosial Sumsel, Rosyidin Hasan (tengah). (Dok.Kemenag)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya mengembangkan unit pelayanan sosial keliling yang diterapkan sejak beberapa tahun terakhir.

"Untuk mengembangkan unit pelayanan keliling diupayakan penambahan petugas dan peningkatan kunjungan ke sejumlah kawasan permukiman penduduk yang rentan terhadap permasalahan sosial," kata Kepala Dinas Sosial Sumsel Rosyidin Hasan, di Palembang, Jumat.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di kawasan permukiman penduduk, kata dia, petugas sosial memberikan bimbingan kepada masyarakat guna memotivasi mereka agar kreatif.

Dengan memiliki motivasi hidup yang tinggi, diharapkan masyarakat tidak menjadi beban sosial bagi lingkungan sekitar tempat tinggalnya bahkan sebaliknya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat luas, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mengembangkan unit pelayanan sosial keliling itu, pihaknya melibatkan tenaga ahli yang bisa melakukan bimbingan kepada masyarakat dengan baik seperti dokter ahli jiwa dan ahli psikologi dengan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung pelayanan sosial.

Melalui upaya tersebut diharapkan bisa memotivasi elemen bangsa dalam melaksanakan pembangunan khususnya penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial dalam menghadapi era global dewasa ini adalah komitmen dan keberpihakan pemerintah daerah kepada masyarakat terutama yang berpotensi mengalami masalah sosial.

Untuk itu akan terus diupayakan pengembangan suatu unit pelayanan sosial sesuai dengan kondisi daerah dan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga secara bertahap berbagai permasalahan sosial yang terjadi di 17 kabupaten/kota dalam provinsi ini bisa ditanggulangi dengan baik, ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar