Sumsel optimalkan Unit Pelayanan Sosial Keliling

id dinas sosial sumsel, dinsos sumsel, unit pelayanan sosial, upsk, kadinsos, Belman Karmuda

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya mengoptimalkan Unit Pelayanan Sosial Keliling untuk mencegah munculnya berbagai permasalahan sosial dan memfasilitasi masyarakat untuk menyalurkan kreasinya.

Dengan mengoptimalkan UPSK diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat terutama penyandang cacat atau disabilitas di provinsi ini, kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, sesuai dengan tujuan pembentukan UPSK yakni sebagai wadah bagi masyarakat disabilitas untuk berkreasi dan menyalurkan minatnya, pihaknya akan mendorong petugas yang masuk dalam tim unit tersebut melakukan kegiatan secara bergerak hingga pelosok desa.

Sesuai dengan namanya Unit Pelayanan Sosial Keliling, petugas jangan hanya melakukan kegiatan pada suatu tempat saja, tetapi keliling hingga pelosok desa yang sulit dijangkau.

Melalui kegiatan itu diharapkan para penyandang disabilitas mampu mandiri, bersemangat, serta dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, merasa mendapat perhatian dan keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya, serta memberikan kontribusi dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial, katanya. 

Dia menjelaskan, untuk mengembangkan UPSK tersebut, pihaknya sekarang ini aktif melakukan kunjungan ke berbagai kabupaten dan kota dalam wilayah provinsi ini dan mendorong berpartisipasi membentuk unit pelayanan sosial keliling itu di tingkat kabupaten/kota.

Berdasarkan hasil kunjungan dan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah di Sumsel ini, secara umum pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan program UPSK karena mereka menilai unit pelayanan itu dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat, kata dia pula.