Dinsos Sumsel tingkatkan pelayanan sosial keliling

id pelayanan sosial, yansos, pelayanan sosial keliling, dinas sosial, dinsos

Dinsos Sumsel tingkatkan pelayanan sosial keliling

Kepala Dinas Sosial Sumsel Apriadi (Foto Antarasumsel.com/12/Feny Selly/Aw)

...Pelayanan sosial keliling yang telah berjalan sejak 3 tahun terakhir dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga perlu ditingkatkan, baik secara kuantitas maupun kualitasnya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pelayanan sosial keliling guna mencegah timbulnya berbagai permasalahan sosial di provinsi yang sedang giat-giatnya melakukan pembangunan.

Pelayanan sosial keliling yang telah berjalan sejak 3 tahun terakhir dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga perlu ditingkatkan, baik secara kuantitas maupun kualitasnya, kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi di Palembang, Rabu.

Guna meningkatkan pelayanan sosial keliling, pihaknya tidak hanya menugasi petugas Dinas Sosial, tetapi juga melibatkan tenaga ahli yang bisa melakukan bimbingan kepada masyarakat dengan baik, seperti dokter ahli jiwa dan ahli psikologi dengan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung pelayanan sosial.

Melalui pelayanan sosial keliling, petugas yang terlibat dalam unit pelayanan khusus itu aktif mengunjungi sejumlah tempat atau kawasan permukiman penduduk yang rentan terhadap permasalahan sosial.

Dalam kegiatan itu, pihaknya memberikan bimbingan kepada masyarakat yang mengalami masalah sosial dan mencoba memberikan dorongan semangat atau motivasi agar mereka bergairah kembali menjalani kehidupannya.

Dengan memiliki motivasi hidup yang tinggi, dia berharap masyarakat yang mengalami permasalahan sosial tidak menjadi beban sosial bagi lingkungan sekitar tempat tinggalnya, bahkan sebaliknya bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk lingkungannya.

Menurut dia, salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial dalam menghadapi era global dewasa ini adalah komitmen dan keberpihakan pemerintah daerah kepada masyarakat, terutama yang berpotensi mengalami sejumlah permasalahan sosial.

Melalui pelayanan sosial keliling di kawasan permukiman penduduk dan tempat lainnya yang berpotensi terjadinya berbagai permasalahan sosial, Apriyadi berharap bisa memotivasi seluruh lapisan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, khususnya penyelenggaraan kesejahteraan sosial.