Khutbah Jumat di Masjidil Haram diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia

id Syeikh Assudais,Khutbah Assudais Bahasa Indonesia,terjemahan khutbah di arab,khutbah jumat masjidil haram

Khutbah Jumat di Masjidil Haram diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia

Syeikh Dr. Abudarrahman Assudais berkhutbah Jumat di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, pada Jumat (10/5). (ANTARA/HO/Pemerintah Arab Saudi)

Jakarta (ANTARA) - Khutbah Jumat yang disampaikan oleh Presiden Dua Masjid Suci, Syeikh Dr Abudarrahman Assudais di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Terjemahan khutbah Jumat (10/5) tersebut disampaikan oleh Presiden Pusat Komunikasi Islam Arab Saudi, Faheem H Alhamid dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dalam khutbah Jumat itu Syeikh Assudais menyeru umat Islam untuk menguatkan sikap moderasi dan persatuan umat.

Syeikh Assudais berpesan kepada kaum muslimin agar bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan menyucikan amalan dan ucapan pada bulan Al-Quran dengan bertaqwa, ikhlas dan segera bertaubat sebelum ajal merenggut nyawa.

"Jadikanlah bulan puasa ini sebagai bulan bersegera mengerjakan kebaikan. Alangkah indahnya jika bulan ini dimulai dengan persiapan dan sambutan yang hangat, dengan memperbaharui taubat, memperbanyak membaca dan merenungkan Al-Quran,” kata Syeikh Assudais.


Dia juga menyeru agar umat Islam mengamalkan sikap toleransi dan berkasih sayang, membuang sifat dengki dan iri, membersihkan hati, berdamai dengan meletakkan senjata di antara kelompok, bersatu dan berbaik sangka, bersedekah dan bederma.

Selain itu, Syeikh Assudais juga menyeru umat Islam untuk membangun persatuan umat dengan menjauhi perselisihan dan perpecahan, mendukung sikap moderasi, mewujudkan keamanan dan kesejahteraan, serta menunjukkan loyalitas dan menjaga kesatuan bangsa.

Umat Islam juga diseru untuk memanfaatkan saluran-saluran media dan teknologi guna mengabdi kepada agama dan kesejahteraan tanah air.