Gubernur nilai timbangan bayi posyandu kurang manusiawi

id herman deru,berita sumsell,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,timbangan bayi

Gubernur nilai timbangan bayi posyandu kurang manusiawi

Gubernur Sumsel Herman Deru. (ANTARA News Sumsel/Susiawati)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menilai timbangan bayi di Posyandu di provinsi tersebut kurang manusiawi karena menggunakan gantungan.

"Bahkan, ada Posyandu yang menggunakan timbangan menggunakan gantungan karung," kata gubernur usai melantik Bupati dan TP PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir di Palembang, Selasa.

Ia mengatalan pihaknya tidak menginginkan lagi ada timbangan untuk bayi di Posyadu yang kurang manusiawi.

Karena itu, kata dia, program yang akan dijalankan tahun 2019 ini timbangan bayi harus diganti.

Nantinya, kata Herman Deeu, jangan ada lagi timbangan bayi menggunakan timbangan yang digantung dan harus yang lebih baik lagi.

"Kita akan ganti dengan timbangan yang lebih memanusiakan, begitu juga dengan seragam petugas Posyandu akan kita berikan, katanya.

Oleh karena itu pada pada 2019 ini Pemerintah Provinsi Sumsel? telah mengalokasikan dana stimulan bagi kegiatan PKK dan Posyandu di tingkat desa dan kelurahan.

Jadi dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk perbaikan fasilitas Posyandu termasuk seragam petugas.

Menurut dia, dan itu menjadi tugas utama TP PKK kabupaten dan kota di Sumatera Selatan dalam meningkatkan pelayanan di Posyadu.

Peran TP PKK memang cukup strategis dalam membangun keluarga karena ibu sebagai dasar dalam meningkatkan mutu dan kesehatan anak-anak.

Sehubungan itu ia juga minta kepala daerah supaya peran serta TP PKK kabupaten dan kota diikutsertaka dalam pembangunan.

"Hal itu cukup penting mengingat berhasil atau tidaknya pembangunan tidak terlepas dari peran serta TP PKK," kata Hweman Deru.