Pemkot Palembang imbau warga waspada DBD

id dbd,penderita DBD,penyakit demam berdarah dengue,Sekda Palembang, Harobin Mastofa,berita sumsel,berita palembang

Dokumentasi- - Petugas melakukan fogging atau pengasapan. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) mengimbau warga kota setempat agar mewaspadai ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) selama musim hujan sekarang ini hingga beberapa bulan ke depan.

"Berdasarkan pengalaman pada musim hujan tahun-tahun sebelumnya, setiap musim hujan terjadi peningkatan jumlah penderita DBD," kata Sekda Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Jumat.

Menurut dia, selama musim hujan, warga kota ini harus meningkatkan kewaspadaan dari ancaman penyakit yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya itu.

Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Palembang dan daerah Sumsel lainnya sejak beberapa bulan terakhir, mengakibatkan banyaknya genangan air.

Genangan air hujan bisa memicu berkembangbiaknya jentik nyamuk aedes aegypty menyebarkan virus DBD, ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi meningkatnya penderita DBD, melalui Dinas Kesehatan pihaknya berupaya melakukan sosialisasi mengenai pencegahan dan penanganan penyakit itu.

Kemudian, pihaknya juga berupaya melakukan kegiatan pengasapan pemberantasan sarang nyamuk, menyiagakan rumah sakit daerah dan sejumlah puskesmas yang ada di sekitar kawasan permukiman penduduk untuk memberikan tindakan medis secara cepat dan tepat terhadap warga yang terserang DBD.

Selain itu, warga kota ini didorong serta untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak berkembang sarang nyamuk yang dapat menimbulkan wabah demam berdarah, ujar Sekda.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar