Libur akhir tahun bawa berkah pemilik kapal ketek

id Serang kapal ketek,Kapal ketek

Libur akhir tahun bawa berkah pemilik kapal ketek

Ilustrasi kapal ketek

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Musim libur akhir tahun membawa berkah bagi pemilik kapal ketek di sekitaran Jembatan Ampera karena meningkatnya wisatawan ke Pulau Kemaro. 

"Sejak awal libur sekolah sudah mulai ramai, terus di antara natal dan tahun baru Alhamdulillah lebih ramai lagi, ya mungkin tiga kali lipat dari biasanya," ujar seorang pemilik kapal ketek Amiruddin kepada Antara News Sumsel, Rabu. 

Menurutnya kebanyakan wisatawan berasal dari luar daerah seperti Jakarta, Bandung, Jambi, Lampung, OKU, OKI, Lubuklinggau dan lainnya memilih Pulau Kemaro sebagai destinasi tujuan utama. 

Dia menerangkan pada musim liburan kapal keteknya bisa menempuh empat kali perjalanan rute BKB - Pulau Kemaro pulang pergi (PP) dalam sehari, padahal saat hari biasa kapalnya maksimal hanya satu kali PP. 

Wisatawan biasanya berkunjung secara berkelompok atau keluarga, selain ke Pulau Kemaro banyak wisatawan juga tertarik ke Kampung Baba Boencit dan sebagiannya menjajal berkeliling sekitaran sisi Sungai Musi. 

"Ya tergantung mereka saja maunya ke mana, kalau kami pemilik kapal ya ikut saja, tapi kami tetap merekomendasikan Pulau Kemaro berangkatnya dari BKB," ujar Ammiruddin. 

Mengenai tarif saat liburan dengan tujuan Pulau Kemaro ia mematok Rp 30.000 perorang, jika rombongan minimal Rp 150.000 untuk 5 orang. Bagi yang ingin berkeliling Sungai Musi cukup membayar Rp 10.000 perorang atau Rp 50.000 bila rombongan. 

Amiruddin mengaku, selama musim liburan ia bisa meraup penghasilan rata-rata Rp400.000 perhari dengan jam operasional pukul 05.00 WIB - 17.00 WIB, ia berharap kunjungan wisatawan ke Kota Palembang semakin meningkat karena Sungai Musi masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong, sehingga kapal ketek bisa mendapat dampak positifnya.