BPBD Muba salurkan 4,5 ton beras korban banjir

id Badan Penanggulangan Bencana Daerah,anggaran bencana alam,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Haryadi Karim,sekayu

BPBD Muba salurkan 4,5 ton beras korban banjir

Arsip- Sejumlah anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengangkut perahu karet pada pemantapan logistik dan pelatihan penggunaan peralatan penanggulangan bencana. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Sekayu (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyalurkan sebanyak 4,5 ton beras dan 585 paket sembako ke sejumlah desa yang terkena banjir, Selasa.

Kepala BPBD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Haryadi Karim di Sekayu, Rabu, mengatakan, kondisi hujan deras dan angin kencang beberapa hari ini menyebabkan sebagian kecamatan di bumi Serasan Sekate terkena banjir.

Hal ini pula yang menyebabkan sebagian warga mengungsi ke dataran tinggi dan ke desa tetangga untuk menghindari banjir.

"Jangan sampai warga kekurangan pasokan untuk makan sehari-hari, instruksi bupati supaya BPBD Muba dan pihak terkait menyisiri pedesaan yang terkena banjir dan diberikan bantuan makanan untuk kebutuhan sehari-hari," kata dia.

BPBD Muba telah menyisir beberapa titik lokasi banjir dan langsung memberikan bantuan sembako yakni lokasi yang telah diberikan bantuan.

Diantaranya150 Paket Sembako SP1 Air Balui Kecamatan Sanga Desa, 100 Paket Sembako SP2 Air Balui Kecamatan Sanga Desa, 30 Paket Sembako SP3 Air Balui Kecamatan Sanga Desa, dan 235 Paket Sembako, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Babat Supat.

"Saat menyalurkan bantuan BPBD Muba juga dibantu Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Banyuasin," kata dia.

Salah seorang warga Desa Air Balui, Riswanda (46) mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut sangat bermanfaat bagi keluarga yang terkena banjir.

"Sebagian barang di rumah hanyut dibawa air, kami sangat berterima kasih atas respon cepat BPBD Muba dan bantuan yang diberikan pak bupati," kata dia.

Ia melanjutkan, bantuan yang diberikan sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari sembari menunggu air surut. "Saat ini kami masih mengungsi ke daerah yang tidak terkena banjir," kata dia.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengimbau warga yang terkena banjir untuk tidak terlebih dahulu memaksakan diri tinggal di rumah.

"Rumah yang terkena banjir tinggalkan, nanti kebutuhan akan dibantu Pemkab Muba. Warga saya minta mengungsi jangan memaksakan diri untuk bertahan dirumah," kata dia.

Dodi meminta supaya dinas terkait rutin memantau dan berkoordinasi untuk membantu korban banjir.

"Dinkes saya minta keliling ke daerah yang terkena banjir, buka posko kesehatan. Jangan sampai kondisi warga sakit-sakitan. Apa yang warga butuhkan harus all out dibantu," kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar