Didukung 28 pengprov, Porkemi siap didaftarkan ke KONI

id kempo,Persatuan Olahraga Kempo Indonesia,porkemi,koni,olahraga

Didukung 28 pengprov, Porkemi siap didaftarkan ke KONI

Tim Kempo Sumsel (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Persatuan Olahraga Kempo Indonesia (Porkemi) secara resmi diproklamasikan di Jakarta, Sabtu dan pihak pengurus mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari 28 pengurus provinsi (pengprov) dan siap didaftarkan ke KONI.

Ketua Umum Porkemi Yulianto Maris menjelaskan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah memperbaiki dan memperkuat internal organisasi dan keanggotaan terlebih dulu. Tahapan berikutnya, pihaknya membina hubungan dengan pihak luar, mulai dari Pengprov, KONI Pusat, KOI hingga asosiasi kempo Asia dan internasional.

"Kami akan ke KONI agar dapat persetujuan dan pengesahan dari mereka. Lalu ke provinsi-provinsi (pengprov) bagaimana mereka bisa mewadahi kensi atau atlet yang akan bertanding di tingkat nasional hingga internasional," kata Yulianto dalam keterangan resminya, Sabtu.

Mantan ketua umum Pengprov Perkemi Sumatera Utara ini membenarkan jika sudah ada 28 pengprov Porkemi yang memberikan dukungan. Bahkan pihaknya menargetkan tahun depan seluruh provinsi di Indonesia sudah terbentuk Pengprov Porkemi.

"Saya ditunjuk sebagai ketua umum, terus terang tidak akan bisa berjalan apabila tidak mendapat dukungan dari seluruh insan kempo dan provinsi-provinsi. Mari kita berkomitmen untuk memajukan olahraga ini. Untuk provinsi, kami akan dorong terbentuknya pengurus di semua provinsi," Yulianto memambahkan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Porkemi, Timbul Thomas Lubis mengatakan saat ini organisasi baru yang baru saja diproklamasikan sudah didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) per 7 November lalu.

"Dengan demikian Porkemi sudah bisa menjalankan program kerja mulai dari pembinaan hingga menggelar kejuaraan baik level nasional maupun internasional. Kami ingin membuat Porkemi sebagai induk organisasi yang berkarakter," kata Timbul Thomas Lubis dalam keterangab resminya.

Porkemi sendiri telah diperkuat dengan susunan pengurusnya. Untuk posisi ketua umum dipercayakan kepada Yulianto Maris. Saat ini jajaran pengurus terus melakukan koordinasi guna penguatan organisasi sebelum melangkah lebih jauh.

Timbus Thomas Lubis menjelaskan jika jajaran pengurus Porkemi merupakan mantan pengurus Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB Perkemi). Hanya saja, mereka semua sudah mengundurkan diri sesuai aturan.

"Yang Perkemi biar jalan sendiri, kami dari Porkemi juga jalan sesuai AD/ART. Kami tidak mau berpolemik untuk masalah ini," kata mantan Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ini.