Hati-hati aplikasi palsu BPJS Ketenagakerjaan

id aplikasi bpjs ketenagakerjaan,berita sumsel,berita palembang,berita antara,aplikasi palsu,berit sumsel,penipuan bpjs ketenagakerjaan

Hati-hati aplikasi palsu BPJS Ketenagakerjaan

Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. (Google Play/18)

Lhokseumawe, Aceh (ANTARA News Sumsel) - Badan Penyelenggaran Jaminan sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe, Provinsi Aceh, meminta masyarakat untuk mewaspadai adanya aplikasi palsu yang mengatasnamakan lembaga tersebut.

"Akhir-akhir ini ada ditemukan aplikasi palsu yang menyerupai milik BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk menipu, sehingga peserta harus waspada," kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Lhokseumawe, Abdul Hadi di Lhokseumawe, Senin.

Selama ini, lanjut dia, untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada peserta, BPJS Ketenagakerjaan banyak melahirkan kanal-kanal informasi yang dapat memberi akses kemudahan bagi peserta.

Sebutnya, kemudahan teknologi informasi melalui handphone digunakan secara maksimal oleh BPJS Ketenagakerajaan dalam penyampaian informasi layanan, seperti BPJSKU yang berbasis android dan juga email resmi lainnya.

"Kami telah mengembangkan banyak kanal untuk memudahkan pelayanan dan penyampaian informasi, seperti BPJSTKU yaitu aplikasi mobile berbasis android untuk mempermudah peserta dalam melakukan pengecekan saldo jaminan hari tua (JHT), proses klaim, pendaftaran secara online, dan layanan informasi lainnya," ujar Abdul Hadi.

Akan tetapi, kata dia, semua fasilitas teknologi dari BPJS Ketenagakerjaan ini banyak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk hal-hal negatif guna menipu dan mengeruk keuntungan dari modus tersebut.

Sebagai contoh, banyak aplikasi palsu sejenis BPJSTKU di Google Playstore yang perlu diwaspadai. Terdapat beberapa aplikasi palsu yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan seperti Ku BPJS, Saldo JHT On Line, Iman Ethika dan lainnya.

Selain itu juga marak akun sosmed yang menawarkan pelayanan pencairan JHT. Juga banyak email beredar secara langsung ke masyarakat dengan informasi yang menyesatkan dan mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan, dengan menggunakan alamat email gratisan dari gmail, yahoo dan lainnya, papar Abdul Hadi.

Oleh karena itu, masyarakat diminta waspada terhadap aplikasi palsu, permintaan data pribadi secara online dan lain sebagainya. Apalagi dengan dalih verifikasi bahkan meminta pembayaran sejumlah uang, terangnya lagi.

Tambah dia lagi, adapun kanal resmi untuk informasi dan layanan yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan, adalah sebagai berikut, aplikasi mobile: BPJSTKU, website: www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Untuk sosmed, facebook: BPJS Ketenagakerjaan, instagram: bpjs.ketenagakerjaan, twitter: @bpjstkinfo, youtube: BPJS Ketenagakerjaan dan BPJSTK News, Contact Center: 1500910 dan email: @bpjsketenagakerjaan.go.id.

"Kami harap masyarakat hanya menggunakan atau mempercayai informasi dari kanal resmi diatas. Kami juga mengimbau agar segera menghubungi kanal resmi layanan BPJS Ketenagakerjaan bila ditemukan adanya hal-hal yang mencurigakan, terutama yang berkaitan dengan data pribadi peserta," pinta Abdul Hadi.