Palembang akan miliki sirkuit kecil

id Rifat Sungkar,moto GP,balap,otomotif,duta keselamatan,konsultan sirkuit,harnojoyo

Palembang akan miliki sirkuit kecil

Rifat Sungkar (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

....Makanya kami sarankan buat sirkuit kecil dulu, kalau MotoGP nanti pembalap kecil tidak tertampung. Sirkuit kecil ini memberi fasilitas dan menampung bakat anak muda dan yang jelas lebih terjangkau....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Palembang akan memiliki sirkuit kecil sebagai tempat pembinaan dan penyaluran bagi anak muda yang hobi balap motor dan teknik menyetir mobil. 

"Sebenarnya palembang akan memiliki sirkuit untuk motor grand prix (GP). Namun saya lebih tertarik pembangunan sirkuit kecil untuk pembinaan balap motor serta drifting," ujar Konsultan Sirkuit, Rifat Sungkar usai audiensi di rumah dinas walikota Palembang, Kamis. 

Alasan pembangunan sirkuit ini dari banyaknya anak muda yang suka balapan seperti motor namun tidak didukung dengan sarana yang baik, akibatnya banyak pengendara menggunakan jalan umum sebagai sarana menyalurkan hobi balap. 

Padahal kata Rifat, ini sangat membahayakan bagi pengendara dan potensi kecelakaan lalulintas (lakalantas) menjadi tinggi dan umumnya korban lakalantas ini adalah usia produktif.

"Makanya kami sarankan buat sirkuit kecil dulu, kalau MotoGP nanti pembalap kecil tidak tertampung. Sirkuit kecil ini memberi fasilitas dan menampung bakat anak muda dan yang jelas lebih terjangkau. Sebetulnya tujuan sirkuit kecil juga untuk menjadi MotoGP," kata suami dari artis cantik Sissy Pricillia ini.

Pihaknya akan bertindak sebagai sirkuit pembinaan mulai dari motor di bawah 250 cc dan mobil 1500 cc. Rifat menyebutkan, untuk membuat sirkuit sempurna dibutuhkan kurang lebih lahan sekitar 12 hektar dan rencana akan dibangun di Jakabaring. 

"Yang pasti sudah lengkap ada track pendek sampai yang panjang mulai dari 1,5-2 kilometer, track lurus, fasilitas parkir dan drive bike. Selain track motor ada juga gokart dan bengkel. Nanti akan jadi sport pariwisata," jelas Rifat yang juga Duta Keselamatan kendaraan.

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan pihaknya sangat mendukung dengan rencana pembangunan sirkuit kecil untuk pembinaan. Tapi pembangunan ini tetap bergandengan dengan sirkuit untuk Motor GP. 

"Ternyata respon Rifat cukup cepat untuk membangun sirkuit kecil yang akan mengakomodir bagi penyuka balap. Kalau sudah ada tempat dan ada pembinaan maka ke depan tidak ada lagi balap liar," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar