Keberadaan PKK bantu kondusifitas pilkada di Sumsel

id PKK,Pembinaan Kesejahteraan Keluarga,Eliza alex,Pemprov sumsel,Keluarga,Pilkada

Ketua PKK Sumsel Eliza Alex Noerdin melantik ketua PKK kota/kabupaten, meliputi Kota Pagarlam, Prabumulih, Lubuklinggau, Palembang dan Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, serta Muara Enim, Selasa (18/9). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Keberadaan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ikut mempengaruhi suasana kondusifitas pilkada serentak 2018 di Sumsel pada April 2018 lalu.

"Suasana pilkada yang kondusif dan menghasilkan kepala daerah baru, secara tidak langsung dipengaruhi dengan keberadaaan tim PKK sebagai gerakan nasional yang menanamkan nilai-nilai sosial dalam pemberdayaan masyarakat," kata Ketua PKK Sumsel Eliza Alex Noerdin saat melantik 7 ketua Tim PKK kota/kabupaten di Palembang, Selasa.

Menurutnya peran PKK harus ditingkatkan karena pada dasarnya kegiatan PKK tidak pernah ada habisnya, terutama dalam mendukung tugas-tugas pemimpin daerah membangun kesejahteraan masyarakat.

Ia mengklaim PKK Sumsel telah dikenal luas secara nasional karena prestasi sudah banyak ditorehkan selama 10 tahun tugasnya menjadi ketua, hubungan emosional antar PKK dinilainya terjalin kuat sehingga ia yakin para ketua PKK yang baru dilantik mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Pada kesempatan yang sama ia berpamitan dengan semua ketua PKK kota/bupati, mengingat statusnya sebagai ketua PKK Sumsel akan selesai beberapa hari lagi seiring berakhirnya jabatan Gubernur Sumsel.

"Selama 10 tahun saya menjadi ketua PKK Sumsel, barangkali ada perkataan atau perilaku yang kurang berkenan, saya mohon maaf dan mohon pamit, tentu masih ada tugas yang belum terselesaikan semoga bisa dilaksanakan lebih baik oleh penerus jabatan ini," ujar Eliza dengan suara tersedu-sedu dan menitikan air mata.

Secara khusus ia berpesan, jabatan ketua PKK adalah amanah yang harus dijalankan dengan ikhlas dan jangan berhenti mendampingi pasangan masing-masing dalam memimpin daerah.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menegaskan peran penting PKK dalam memberdayakan masyarakat ataupun sebagai istri kepala daerah.

"Jujur saja kadang-kadang apa yang dikerjakan PKK lebih efisien dibanding dinas-dinas, maka saya minta kepala daerah yang baru ayo maksimalkan peran PKK, tampilkan kegiatan sesuai tujuan pembangunan dan ingatlah dibalik seorang laki-laki yang sukses, pasti ada dorongan seorang perempuan di belakangnya," jelas Alex.

Pelantikan ketua PKK yang baru tersebut meliputi Kota Pagarlam, Prabumulih, Lubuklinggau, Palembang dan Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, serta Muara Enim.
 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar