CEFE kembangkan IKM

id CEFE,bimtek,Wirausaha,IKM,pemprov sumsel

CEFE kembangkan IKM

Peserta Creation of Enterprise Formation of Entrepreneur (CEFE) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Desain Songket Sumsel berfoto bersama Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Ernila Rizar, Senin (17/9). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Creation of Enterprise Formation of Entrepreneur (CEFE) berkolaborasi dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Desain Songket Sumsel mengembangkan Industri Kecil Menengah.

"CEFE pada dasarnya pelatihan untuk mengembangkan wirausahawan IKM di Sumsel, kali ini bergabung dengan Bimtek desain songket untuk lebih mengembangkan kerajinan kain songket di era standarisasi saat ini," kata Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Ernila Rizar saat membuka kegiatan CEFE dan Bimtek desain songket di Palembang, Senin.

Menurutnya desain kain songket tradisional saat ini seperti lepus, nagabesaung, limar, dan tabur harus dipertahankan sebagai ciri khas kain songket sumsel dari songket daerah lain

Ia menuturkan banyak pengrajin kain songket di sumsel, namun pengrajin yang bisa membuat desain khas tersebut sedikit dan sudah usia lanjut, sehingga perlu pelatihan untuk pengrajin muda, disamping upaya edukasi ilmu-ilmu kewirausahaan.

Ilmu - ilmu kewirausahaan tersebut antara lain memperluas jaringan usaha, belajar melihat gerak - gerik pasar dan membentuk komunitas usaha sebagai langkah mempermudah dalam memperoleh dana bantuan ataupun permodalan.

Dia menjelaskan secara umum IKM turut berkontribusi dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi sumsel tahun ini di angka 5,7, melampaui angka nasional hingga triwulan ke III 2018, dan berhasil menurunkan jumlah pengangguran dengan serapan tenaga kerja hampir 200.000 orang yang tercakup di dalam 57.899 unit IKM.

"Kami berharap IKM yang ada bisa terus berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi sumsel, karena sejatinya IKM inilah pilar ekonomi daerah, apalagi kain songket yang sebenarnya punya daya tarik pasar internasional," ujar Ernila.

Pihaknya menambahkan dalam mendukung perluasan pasar kain songket, Dinas Perindustrian mendorong kain-kain songket buatan pengrajin Sumsel agar memiliki hak cipta karya sebagai standar untuk masuk ke pasar internasional yang aksesnya turut difasilitasi oleh dinas perdagangan.