Petani padi beralih menanam sayur

id petani sayur,berita sumsel,berita palembang,berita antara

Petani memasang batang bambu baru untuk jalur rambatan tanaman sayur. (ANTARA)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah petani padi sawah di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan beralih menanam sayur karena lahan persawahan tidak bisa digarap akibat musim kemarau panjang.

"Musim kemarau panjang mengakibatkan sebagian besar petani padi sawah di Kecamatan Ulu Ogan ini memilih untuk tidak menanam padi namun beralih menanam sayuran dan cabai," kata salah seorang petani di Desa Belandang, Kecamatan Ulu Ogan, Ogan Komering Ulu (OKU), Dapid di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan, sejumlah petani di wilayah itu tidak bisa menggarap lahan sawah untuk ditanami padi karena terkendala dengan sistem pengairan yang tidak dialiri air sungai saat musim kemarau seperti sekarang ini.

Sebab kata dia, sebagian sawah warga mengandalkan anak sungai dan tadah hujan namun debit airnya menurun saat musim kemarau sehingga air tidak mengaliri lahan persawahan.

"Sejak musim kemarau air sungai tidak mengalir sampah ke sawah kami," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut dia, sebagian besar petani di wilayah itu memilih beralih menanam sayuran dan cabai agar tetap bisa dipanen meskipun musim kemarau.

"Terpaksa beralih menanam sayuran untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar