Daniel Ricciardo tercepat pada latihan pertama Grand Prix Jerman

id Daniel Ricciardo,f1,formula 1,berita sumsel,berita palembang,Lewis Hamilton,Grand Prix Jerman,Hockenheim

Daniel Ricciardo tercepat pada latihan pertama Grand Prix Jerman

Daniel Ricciardo dari Red Bull. (ANTARA News Sumsel/Reuters/Juan Medina)

Hockenheim (Antara/Reuters) - Pebalap Australia Daniel Ricciardo mengungguli juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton di daftar catatan waktu Grand Prix Jerman, dengan keunggulan 4/100 detik pada Jumat.

Kecepatan awal yang diukir pada pagi yang panas di Hockenheim akan memberikan sedikit hiburan kepada pebalap Red Bull itu, yang akan menghadapi berbagai pertarungan di lapangan pada balapan Minggu karena beberapa penalti terkait mesin.

Catatan waktu terbaik Ricciardo adalah satu menit 13,525 detik, berbanding 1:13,529 detik milik pebalap Mercedes, Hamilton.

Catatan waktu tercepat urutan ketiga dimiliki pebalap Red Bull Max Verstappen, 1:13,714 detik, sedangkan pemuncak klasemen yang membela Ferrari Sebastian Vettel berada di urutan keempat dengan 1:13,796 detik, namun ia menggunakan ban yang lebih lambat dibanding pebalap-pebalap yang lebih cepat, di sesi yang tidak menghasilkan satu insiden penting sama sekali.

Pebalap Finlandia, Valtteri Bottas, yang baru mengumumkan perpanjangan kontrak di Mercedes satu jam sebelum sesi latihan dimulai, mengukir catatan waktu tercepat urutan kelima, mengungguli pebalap Ferrari Kimi Raikkonen.

Pebalap Renault Nico Hulkenberg, satu-satunya pebalap Jerman selain Vettel di "starting grid," sempat melebar dan masuk ke rumput namun mampu tidak membentur pembatas pada salah satu dari sedikit kejadian yang pantas dicatat.

Pebalap penguji asal Italia Antonio Giovinazzi menggantikan pebalap Swedia Marcus Ericsson di Sauber untuk sesi ini.

Pebalap cadangan asal Kanada Nicholas Latifi juga sempat mengisi posisi di Force India, di mana pebalap Prancis Esteban Ocon yang akan tampil saat balapan.

Vettel unggul delapan poin atas Hamilton menjelang balapan di "kandangnya," di sirkuit yang berjarak tidak jauh dari tempat kelahirannya dan di mana ia pertama kali jatuh cinta dengan Formula 1 saat masih anak-anak serta ketika Michael Schumacher masih berjaya.