INASGOC ingatkan panitia daerah matangkan persiapan

id INASGOC,Sjafrie Sjamsoeddin

INASGOC ingatkan panitia daerah matangkan persiapan

Arsip- Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Panitia penyelenggara Asian Games XVIII (INASGOC) mengingat panitia daerah di Palembang, Sumatera Selatan untuk terus mematangkan persiapan demi suksesnya ajang multievent olahraga ini pada Agustus mendatang.

Wakil Ketua Inasgoc Sjafrie Sjamsoeddin di Palembang, Kamis, mengatakan hal ini seusai memantau kondisi venue cabang olahraga di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Kamis.

Pada hari pertama kunjungannya ini, Sjafrie mengecek Wisma Atlet, Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) dan beberapa venue.

Menurut Sjafrie, fasilitas pendukung ini tak kalah pentingnya dari infrastruktur yang berfungsi langsung selama kompetisi.

"Saya mengecek sejauh mana target itu sudah dilaksanakan oleh masing-masing stakeholder. Sejauh ini saya apresiasi dan melihat ini akselerasi yang dikerjakan oleh PT JSC ?dan juga INASGOC, serta pihak terkait lainnya," kata dia.

Namun ia tetap meminta kepada pihak terkait untuk waspada akan hal yang dianggap kecil, mulai dari air, listrik hingga katering dan fasilitas wi-fi untuk internet.?

Menurutnya, terkadang hal-hal kecil seperti itu justru terlupa sehingga pada saat pelaksanaan Agustus nanti akan menimbulkan masalah serius.

"Saya minta dicermati. Oleh karena itu harus ditongkrongi oleh masing-masing petugas area. Katering juga sudah dilihat dapurnya dan mereka akan mulai kerja itu pada pertengahan Juli. Venue Manager dan kompetisi manajer yang bekerja di sini akan disupply makannya," kata dia.

Selain fasilitas hunian, INASGOC ?juga menyoroti fasilitas transportasi yang ada di Kota Palembang. Sejauh ini pengujian Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan antara bandara dan kompleks JSC belum menemui kendala yang berarti.

Selain itu, Sjafrie juga meminta, masing-masing cabang olahraga menyuplai satu kendaraan operasional di Palembang, di luar dari kendaraan operasional yang sudah ada untuk memperlancar operasional panitia.?

"Saya juga mengingatkan untuk mengangkut para atlet dari stasiun LRT kami siapkan bus. Seandainya bus ini ramai dan lambat, disiapkan golf car. Kami tidak membiarkan atlet menunggu. Harus selalu ada plan B untuk transportasi cepat," kata dia.

INASGOC menargetkan pada 1 Agustus mendatang sudah dilakukan sterilisasi kompleks JSC. Pada bulan itu, semua pihak terkait harus fokus untuk mempersiapkan hal yang berkaitan dengan kompetisi dibantu dengan pihak Olympic Council of Asia (OCA) . "Target 1 Agustus sudah steril,? bebernya.?

Sementara Dirut PT JSC Bambang Supriyanto mengatakan sejauh ini pihaknya tidak memiliki kendala dalam mendukung INASGOC.

"Semu sudah selesai, hanya tinggal beautifikasi (panorama). Tinggal hanya Wall Climbing, itu pun hanya pengecoran untuk halaman. Semuanya hampir 100 persen," kata Bambang.