Waspada penyakit leptospirosis di musim hujan

id kencing tikus,leptospirosis,sakit,dinas kesehatan

Waspada penyakit leptospirosis di musim hujan

Ilustrasi-Hujan (Ist)

....Bakteri leptospirosa yang keluar bersama kencing tikus dapat masuk ke tubuh manusia terlebih bila kulit terdapat luka. Ini sangat membahayakan manusia yang bisa mengakibatkan hingga kematian....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kota Palembang mengingatkan bahwa pada musim hujan masyarakat tidak hanya harus mewaspadai penyakit demam berdarah (DBD), tapi juga penyakit leptospirosis yang dapat menyerang warga.

"Pada umumnya selama musim hujan memang banyak penyakit menyerang warga. Salah satunya leptospirosis atau biasa dikenal dengan penyakit kencing tikus," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia, Selasa. 

Ia menjelaskan bahwa penyebab leptospirosis umumnya dari kencing tikus. Saat musim hujan akan lebih banyak tikus yang berkeliaran dan dapat meninggalkan air kencingnya di suatu tempat lalu kumannya menempel pada manusia.

"Warga perlu mewaspadai tanda-tanda terkena penyakit leptospirosis ini," tegasnya.

Ia menjelaskan gejala yang harus di perhatikan ialah demam tinggi di atas 38 derajat celcius, jika dibiarkan bisa kejang dan mengalami kekakuan otot.

"Bakteri leptospirosa yang keluar bersama kencing tikus dapat masuk ke tubuh manusia terlebih bila kulit terdapat luka. Ini sangat membahayakan manusia yang bisa mengakibatkan hingga kematian," ungkapnya. 

Saat ini untuk penderita penyakit ini tidak banyak, namun sebagai warga yang ingin sehat harus tetap mewaspadai penyakit yang rentan pada musim hujan.