Dodi Reza-Giri Ramanda klaim menang pilkada di 11 kabupaten

id pilkada,pilkada sumsel,pilkada 2018,dodi-giri,dodi reza,klaim kemenangan,lembaga survei

Dodi Reza-Giri Ramanda klaim menang pilkada di 11 kabupaten

Pasangan Cagub dan Cawagub Sumsel Dodi Reza Alex-Giri Ramanda memberikan keterangan pers di Palembang, Kamis (28/6) terkait pelaksanaan Pilkada Sumsel 27 Juni 2018 (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/I016/18)

....Saya berharap masyarakat bersabar menunggu rilis KPU. Jangan sampai yang sudah merasa menang, justru menyalahkan ketika dinyatakan kalah oleh KPU....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan Dodi Reza Alex dan Giri Ramanda Kiemas mengklaim menang di 11 kabupaten/kota dari 17 kabupaten/kota di Sumsel dalam Pilkada 27 Juni 2018 berdasarkan penghitungan cepat yang dilakukan tim sendiri.

Dodi dalam konferensi pers didampingi pasangannya Giri Ramanda di Palembang, Kamis,  mengatakan, berdasarkan hasil itu diharapkan masyarakat bersabar menunggu keputusan akhir Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena terdapat juga lembaga survei yang memenangkan dan juga menyatakan kekalahan pasangan Dodi-Giri.

"Ini semua baru hasil penghitungan cepat lembaga survei, jika kami mau klaim, tim kami juga menghitung bahwa kami menang di 11 kabupaten. Ada juga dua lembaga survei yang menyatakan kami menang, tapi ini baru hasil penghitungan cepat dengan sampling dan metodologi berbeda," kata Dodi.

Dodi mengatakan timnya telah merekap data yang masuk dari saksi-saksi yang disebar hampir di seluruh TPS di kabupaten/kota.

"Saat ini data yang masuk ke kami sudah 75 persen, tapi kami tidak mau mengklaim karena belum 100 persen," kata dia.

Baca juga: LSI ungkap faktor kemenangan Herman Deru-Mawardi Yahya

Oleh karena itu, Dodi berharap masyarakat menunggu hasil akhir yang dirilis oleh lembaga resmi yakni KPU.

 "Saya berharap masyarakat bersabar menunggu rilis KPU. Jangan sampai yang sudah merasa menang, justru menyalahkan ketika dinyatakan kalah oleh KPU," kata dia.

Untuk itu, Dodi berharap semua pihak mengawal pilkada ini sesuai dengan peraturan yang berlaku agar pemimpin Sumsel yang terpilih memiliki legitimasi.

Sementara itu, Giri Ramanda mengatakan semua pasangan calon hingga kini tidak bisa mengklaim kemenangan karena semua data penghitungan cepat masih berada di margin error.

"Data penghitungan cepat yang dikeluarkan oleh lembaga survei mengklaim kemenangan kami 0,24 persen yang terendah dan 0,36 persen yang tertinggi. Artinyanya ini masih berada di sampling error," kata dia.

Sebelumnya, lembaga penghitungan cepat hasil pilkada Lingkaran Survei Indonesia yang tergabung dalam jaringan Deny JA merilis pemenang Pilkada Sumsel yakni pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya dengan persentase mencapai 35,91 persen

Sementara, peringkat kedua yakni pasangan Dodi Reza Alex - Giri Ramada yang hanya mendapatkan 31,76 persen. Kemudian peringkat ketiga Ishak Mekki - Yudha Pratomo 21,08 persen dan peringkat terakhir Aswari Rivai - Irwansyah 11,25 persen.

Hingga saat ini rekapitulasi penghitungan suara sedang didistribusikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Baca juga: Puskaptis: Perolehan suara HD-MY dan Dodi-Giri beda tipis
Dodi Reza Alex dan Giri Ramanda Kiemas memberikan keterangan pers di Posko Pemenangan