KIPP: Lima hal penting awasi Pilkada serentak

id pilkada,pemilihan kepala daerah,Komisi Independen Pemantau Pemilu,aka Suminta,pengawasan pilkada,berita sumsel,berita palembang

KIPP: Lima hal penting awasi Pilkada serentak

Calon Kepala Daerah. (ANTARA News Sumsel/Grafis)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Sekretaris Jenderal Komisi Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta mengatakan lima hal penting dalam memantau dan mengawasi perhelatan pilkada serentak 2018 pada 27 Juni nanti.

"Ini menjadi instruksi KIPP kepada relawan yang turun di pilkada serentak," kata Kaka Suminta kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Kelima hal tersebut, menurut Kaka, pertama memastikan bahwa kotak suara dan isinya dibuka tepat waktu dan isinya benar.

Kedua, memastikan surat suara digunakan oleh pemiilih yang benar. Ketiga, memastikan bahwa setelah surat suara digunakan tak ada sisa surat suara yang disalahgunakan.

Keempat pastikan surat suara dihitung dengan benar. Kelima pastikan hasil penghitungan suara benar dan dimasukan ke dalam kotak suara dengan benar dan dibawa ke PPK termasuk C 1 elektroniknya dengan aman.

"Dokumentasikan semua itu termasuk memotret C1 plano," kata Kaka Suminta.

Sementara itu, menurut Kaka dalam perhelatan pilkada serentak kali ini terdapat sejumlah catatan penting yang harus menjadi perhatian di masa mendatang.

Menurut dia, diantaranya terkait data pemilih dan kepemilikan KTP-E serta perekaman data pendudukan yang belum benar-benar memuaskan.

"Selain soal hak memilih warga juga potensial terjadi kecurangan dan konflik politik," katanya.