Kemacetan panjang di Jalan Bukittinggi-Kelok 9

id kelok 9,jalan layang ,berita sumsel,berita palembang,kemacetan,berita antara,bulkittinggi

Kemacetan panjang di Jalan Bukittinggi-Kelok 9

Arsip- Kendaraan melewati jalan Kelok Sembilan . (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Payakumbuh (ANTARA News Sumsel) - Kemacetan panjang terjadi di sejumlah titik di jalur Bukittinggi menuju Kelok 9, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Pantauan Antara pada H+3, Selasa, kemacetan disebabkan oleh padatnya lalu lintas serta keluar masuknya kendaraan di titik-titik keramaian seperti pasar, tempat rekreasi dan rumah makan.

Sebagian besar kendaraan yang melalui jalur ini bernomer polisi BM (Riau), sisanya B dan BA serta nopol lainnya.

Pemudik asal Riau balik hari Selasa untuk mengantisipasi kemacetan hari Rabu yang merupakan hari terakhir libur bersama pada Rabu (20/6).

Sementara bagi pemudik dari daerah lain bertujuan berwisata di Kelok 9 yang diresmikan pada 2013. Jembatan berkelok-kelok hingga sembilan kali di ketinggian hingga 58 meter.

Wikipedia mencatat, Kelok 9 terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, menuju Provinsi Riau. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera.

Jalan ini memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar lima meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.