Disdukcapil OKU Timur luncurkan program SIAKAS

id catatan sipil,berita sumsel,berita palembang,berita antara,SIAKAS,Sutikman,Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, surat kematian

Disdukcapil OKU Timur luncurkan program SIAKAS

Seorang petugas tengah melayani pembuatan akta kelahiran di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Martapura (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, meluncurkan program sistem informasi administrasi kependudukan dan akta sipil guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus surat kematian maupun kelahiran.

"Program ini diluncurkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat, khususnya yang ada di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ini," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU Timur, Sutikman di Martapura, Jumat.

Dia mengatakan, dalam meluncurkan program sistem informasi administrasi kependudukan dan akta sipil (SIAKAS) pihaknya menjalin kerja sama dengan pihak RSUD Martapura Kabupaten OKU Timur.

Dia mengatakan, layanan adminsitrasi kependudukan secara online tersebut diluncurkan guna mempercepat dalam pelayanan kematian maupun kelahiran.

Sehingga kata dia, jika ada pasien meninggal dunia maka bisa langsung terkoneksi ke Disdukcapil setempat karena menggunakan sistem layanan online.

Dia mengemukakan, saat ini pihaknya gencar melakukan sosialisasi intensif kepada masyarakat di wilayah itu agar mengerti cara menggunakan SIAKAS sehingga tidak lagi terlambat dalam mengirimkan data kependudukan baik kelahiran maupun kematian.

Selain itu lanjut dia, sosialisasi juga dilakukan ke organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab OKU Timur agar dapat memahami cara kerja SIAKAS melalui komponen internet.

"Saat ini yang masih kurang adalah jaringan internet. Namun sedang diupayakan segera tersambung agar seluruh OPD bisa mengakses SIAKAS," ujar dia.

(T.KR-EDO/B/S031/S031) 15-06-2018 15:21:02