Masyarakat Muba manfaatkan balai benih

id bbi,pemkab muba,perikanan,plt bupati muba,masyarakat perikanan,tambak ikan,budidaya ikan,ikan ,balai benih ikan

Masyarakat Muba manfaatkan balai benih

Dokumen - Budi daya perikanan. ANTARA News/17)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, akan terus mendoorng masyarakat setempat memanfaatan balai benih ikan yang ada di kabupaten ini secara maksimal.

"Balai benih yang ada di kabupaten ini masih sedikit masyarakat yang memanfaatkannya, untuk itu perlu dilakukan pendekatan agar masyarakat tidak segan menggunakan fasilitas tersebut," kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Kamis.

Pemanfaatan balai benih oleh masyarakat akan terus didorong sehingga kegiatan budidaya ikan yang dilakukan di Bumi Serasan Sekate ini bisa berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan produksi ikan, katanya.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya menumbuhkan unit pembenihan rakyat serta mengembangkan pembuatan pakan alternatif untuk mendukung kegiatan budidaya ikan di sekitar lingkungan desa dan kawasan permukiman penduduk.

"Pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendorong masyarakat setempat untuk melakukan pengelolaan potensi perikanan di daerah ini yang cukup besar tanpa mengandalkan kondisi alam sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun.

Untuk mengelola potensi perikanan di kabupaten ini, pihaknya mendorong masyarakat melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan produksi ikan seperti melakukan budidaya baik melalui keramba di sungai maupun membuat kolam/tambak ikan memanfaatkan lahan di perkarangan rumah dan kebun.

Peningkatan produksi melalui budidaya akan terus didorong karena produksi ikan di daerah ini sebagian besar masih tergantung dari alam sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya.

Kabupaten ini memiliki beragam ikan yang dapat dikembangkanbiakan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau seperti ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu, ikan tembakang, dan juga terdapat beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual yang tinggi, ujar Beni.