Tarian piring raih emas lomba Folklore Internasional

id tari piring,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Folklore Internasional,Galang Dance,Deslenda,Wold Cup of Folklore

Tarian piring raih emas lomba Folklore Internasional

Arsip- Tari Piring. (Ist)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Tari Piring Bejamba yang ditampilkan oleh lima orang Galang Dance Community dari Padang, Sumatera Barat pimpinan Deslenda meraih medali emas kejuaraan Wold Cup of Folklore di Bulgaria.

Kejuaraan tersebut berlangsung di kota Veliko Tarnovo, Bulgaria pada 10-20 Mei 2018, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dubes RI Sofia Sri Astari Rasjid mengapresiasi prestasi tim Indonesia karena mengharumkan nama bangsa di forum international.

Dia mengharapkan mereka terus dapat berprestasi di kompetisi kelas dunia lainnya mengingat penampilan tim itu yang bagus dan dinamis.

Dengan keikutsertaan tim tari Indonesia dalam kompetisi internasional seperti itu, diharapkan juga akan mendukung upaya pelestarian kesenian tradisional Indonesia.

Tari Piring Bejamba menceritakan tradisi makan bersama orang Minangkabau.

Hal spesial yang membuat kagum penonton adalah dinamika tarian dan kekompakan para pesonelnya menari sambil memegang piring di setiap tangannya, serta atraksi memecahkan piring pada akhir tarian.

Tarian itu juga diiringi musik dan nyanyian secara langsung oleh salah satu anggota tim.

Tarian kreasi yang bersumber pada tari piring klasik itu berhasil memperoleh nilai tertinggi dari para juri dibandingkan dengan tarian lainnya yang dibawakan oleh Tim Galang Dance dalam perlombaan, yaitu Baribuk Indang, yang merupakan kolaborasi dua kesenian tradisi Randai dan Indang, serta tari Rantak.

Dalam kejuaraan itu, Indonesia bersaing dengan berbagai tim yang berasal dari sekitar 20 negara di dunia. Tim India yang didukung penari berjumlah 25 orang memenangkan juara grandprix.