Pebalap empat tim berebut podium F2 Barcelona

id f2,balab mobil,berit sumsel,berita palembang,berita antara,Sirkuit Barcelona,Dams, Alexander Albon

Pebalap empat tim berebut podium F2 Barcelona

Pertandingan Balap mobil. (ANTARA News Sumsel/Reuters/)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Pebalap dari empat bakal berebut podium Formula 2 di Sirkuit Barcelona, Spanyol, Sabtu setelah pebalap yang dimiliki masing-masing tim sukses berada dibarisan depan balapan.

Berdasarkan data yang dihimpun media di Jakarta dari laman resmi kejuaraan, pebalap yang berada diurutan depan adalah pebalap Dams, Alexander Albon dengan catatan waktu 1 menit 28,142 detik. Pebalap asal Thailand ini unggul tipis 0,2 detik dari pebalap tim Pertamina Prema Theodore Racing, Nyck De Vries yang mengukir waktu tercepat kedua.

Posisi ketiga diisi pebalap Campos Luca Ghiotto dengan catatan waktu 1 menit 28,400 detik, sedangkan Pebalap ART Grand Prix Nyck George Russel melengkapi barisan empat besar. Pebalap asal Inggris itu menorehkan waktu 1 menit 28,524 detik.

Pada balapan di Barcelona ini, Nyck De Vries akan menjadi tumpuan Pertamina Prema Theodore Racing untuk meraih kemenangan di Feature Race mengingat peluang untuk meraih podium cukup besar.

"Saya mendapatkan feeling yang cukup baik pada mobil hari ini. Manajemen ban akan menjadi kunci untuk meraih kemenangan. Saya rasa Prema punya pengalaman yang bagus untuk menangganinya. Saya optimis pada balapan bisa meraih kemenagan atau paling tidak podium," kata De Vries.

Sementara itu, rekan satu tim Nyck, Sean Gelael harus berjuang keras dari posisi ke-16. Pebalap yang di dukung Jagonya Ayam KFC Indonesia itu bukan kali ini saja pada balapan feature start dari posisi belakang. Pada dua balapan sebelumnya Sean start dari posisi belakang tetapi mampu menembus posisi 10 besar.

"Ini memang bukan start yang kami harapkan. Saya tidak terlalu mengkhawatirkan posisi start saya. Dengan set up yang lebih baik dan strategi pit stop yang tepat, saya optimis bisa kembali meraih hasil yang lebih bagus," kata Sean.

Hingga seri kedua Formula 2, anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael sudah mengumpulkan tujuh poin. Poin tersebut diraih di Sirkuit Sakhir Bahrain dan Baku City Aderbaijan.

Meski start di belakang, peluang Sean untuk meraih poin memang terbuka. Strategi pit stop bakal menjadi kunci. Tim Prema Pertamina Theodore Racing dapat dikatakan salah satu tim yang mempunyai strategi pit stop yang baik dan manajemen ban yang mumpuni.

Sirkuit Barcelona Catalunya mempunyai permukaan lintasan yang abrasif sehingga membuat ban cepat terdegradasi. Ditambah lagi para pebalap harus memutari sirkuit dengan panjang 4,656 km ini sebanyak 37 laps. Strategi memanajemen ban menjadi peran penting untuk meraih kemenangan.