Poliklinik Geriatri layanan terpadu lansia di RSMH Palembang

id menkes,meneteri kesehatan,nila f moeloek,rsmh,info sumsel,berita sumsel,palembang

Poliklinik Geriatri layanan terpadu lansia di RSMH Palembang

RSMH Palembang resmi meluncurkan poliklinik Geriatri yakni layanan terpadu satu atap untuk memudahkan lanjut usia (lansia) berobat tanpa perlu berpindah ruangan di RS Dr Mohammad Hoesin Palembang (9/5/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Dengan adanya poli geriatri tentu memudahkan para lansia berobat sebab di poli geriatri lansia yang mendapatkan perawatan tidak perlu mengunjungi ke poli lainnya dengan satu ruangan geriatri bisa merangkap semua poli yang dibutuhkan
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek meresmikan poliklinik Geriatri yang merupakan layanan terpadu satu atap untuk memudahkan lanjut usia (lansia) berobat tanpa perlu berpindah ruangan di RS Dr Mohammad Hoesin Palembang. 

"Dengan adanya poli geriatri tentu memudahkan para lansia berobat sebab di poli geriatri lansia yang mendapatkan perawatan tidak perlu mengunjungi ke poli lainnya dengan satu ruangan geriatri bisa merangkap semua poli yang dibutuhkan," kata Nila di Palembang, Rabu.

Dia menerangkan, pelayanan Geriatri untuk lanjut usia dengan multi penyakit atau gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara terpadu dengan pendekatan multidisiplin yang bekerja secara interdisiplin. 

Penyelenggaraan pelayanan geriatri di Rumah Sakit ini sendiri berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 79 tahun 2014.
 
Ruang fisioterapi yang ada di poliklinik Geriatri yakni layanan terpadu satu atap untuk memudahkan lansia di RS Dr Mohammad Hoesin Palembang (9/5/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Baca juga: Menkes tinjau Puskesmas Kampus yang melayani lansia

Sementara itu Wakil Ketua Tim Terpadu Geriatri RSMH Palembang, dr Nuri Rubiatri SpPD KGer mengatakan lanjut usia merupakan seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. 

Berbeda dengan pasien geriatri memiliki karakteristik khusus yakni multipatologi yakni pada satu pasien terdapat lebih dari satu penyakit yang umumnya bersifat kronik degeneratif.

"Menurunnya daya cadangan faali, berubahnya gejala dan tanda penyakit dari yang klasik, terganggunya status fungsional (kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas hidup sehari-hari) sering terdapat gangguan nutrisi berupa gizi kurang atau gizi buruk," jelas Nuri.
 
Wakil Ketua Tim Terpadu Geriatri RSMH Palembang, dr Nuri Rubiatri SpPD KGer (9/5/18)(ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)