BPS OKU lakukan sensus potensi desa

id BPS oku,berita sumsel,berita palembang,berita antara,BPS OKU,Pembentukan Modal Tetap Bruto,Survei Pertanian Antarsensus,Badan Pusat Statistik

BPS OKU lakukan sensus potensi desa

BPS (ANTARA)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, melakukan sensus potensi di seluruh desa guna mendata perkembangan sosial perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Sensus potensi desa (podes) kami lakukan selama satu bulan mulai awal Mei 2018," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Ogan Komering Ulu (OKU), Budiriyanto di Baturaja, Jumat.

Sensus podes tersebut, kata dia, dilakukan dengan menyurvei seluruh desa di Kabupaten OKU untuk memberikan gambaran bagaimana perkembangan desa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Survei podes terakhir dilakukan pada 2014. Jadi kami ingin mengetahui perkembangan potensi desa selama empat tahun terakhir," katanya.

Untuk proses survei ini, BPS OKU sudah melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah setempat guna mendata potensi 157 desa dan kelurahan yang ada di wilayah itu.

Seluruh potensi yang ada di desa baik data sosial, ekonomi maupun jarak desa ke tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas Pembantu (Pustu) atau Puskesmas, jumlah sekolah, jumlah masjid dan lain sebagainya akan dimasukan dan dicatat untuk pendataan.

"Dalam hal ini diperlukan pihak dari Bappenas untuk menghitung Indeks Pembangunan Desa. Jadi nantinya akan diketahui termasuk klasifikasi yang mana desa itu apakah masuk desa berkembang, tertinggal atau mandiri," katanya.

Pendataan potensi desa ini juga terkait dengan besaran alokasi dana desa yang diberikan pemerintah seperti dengan melihat Indeks Kesulitan Geografis (IKG) sekaligus melihat kondisi desa apakah termasuk daerah?sulit dan masih indeks rendah.

"Survei dilakukan mitra BPS dari perangkat desa, Karang Taruna. Nantinya satu orang petugas mendata sebanyak tujuh desa yang ada di OKU," ungkapnya.

Selain survei podes, juga dilakukan koordinasi dalam penyusunan disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dan Survei Pertanian Antarsensus (SUTAS).

"SUTAS ini untuk mendata rumah tangga pertanian sebagai persiapan sampel menghadapi sensus 2023," ujarnya.