Menpan-RB tegaskan pengangkatan ASN hanya melalui tes

id Asman Abnur,menpan rb,pengangkatan pns,cpns,pengangkatan Aparat Sipil Negara,berita sumsel,berita palembang

Menpan-RB tegaskan pengangkatan ASN hanya melalui tes

Asman Abnur (ANTARA)

Makassar (ANTARA News Sumsel) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menegaskan jika pengangkatan Aparat Sipil Negara (ASN) hanya dilakukan melalui tes, termasuk bagi tenaga honorer K2 yang ingin menjadi ASN.

"Undang-undang sekarang tidak membenarkan lagi kita mengangkat ASN tanpa tes, kalau ada pegawai sudah bekerja 3 atau 5 tahun dan mau jadi PNS silahkan ikut tes, ada persyaratan dan prosedurnya," kata Asman di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan tes yang dilakukan untuk mengangkat PNS untuk memastikan bahwa orang-orang yang diterima sebagai ASN benar-benar orang yang memiliki kualitas dan kompetensi keahlian yang dibutuhkan negara.

Apa lagi, kata dia, saat ini seleksi CPNS telah dilakukan secara terbuka, dan tidak bisa diintervensi oleh siapa pun termasuk kepala daerah bahkan menteri sekalipun.

"Menteri sekalipun nggak bisa membantu anda jadi PNS, harus lulus tes," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengajukan formasi sesuai dengan kebutuhan di daerahnya.

"Saya tidak ingin lagi ada yang gelondongan, setiap permintaan formasi per kabupaten/kota harus ada alasannya," kata dia.

Ia juga meminta BKD agar mengajukan formasi CPNS tidak hanya berdasarkan permintaan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tetapi harus berdasarkan perencanaan pembangunan daerah ke depan.

"Kalau perencanaan kepegawaiannya salah, ini hanya akan menjadi beban bagi negara dua puluh hingga tiga puluh tahun ke depan," pungkasnya.