Pemkab OKU lengkapi sarana RPH

id rph,rumah potong hewan,kadis peternakan oku,rph oku,sarana dan prasarana rph,akses jalan rph

Pemkab OKU lengkapi sarana RPH

Arsip - Sapi impor dari Australia di rumah pemotongan hewan (RPH) (FOTO ANTARA/Lucky.R)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan melengkapi sarana dan prasarana rumah pemotongan hewan agar fasilitas untuk masyarakat tersebut dapat difungsikan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ogan Komering Ulu (OKU) Tri Aprianingsih di Baturaja, Kamis mengatakan sarana dan prasarana yang akan dilengkapi pada Rumah Pemotongan Hewa (RPH) tersebut meliputi penyediaan air bersih dan pembangunan pagar.

Selain itu pihaknya juga akan memperbaiki akses jalan menuju RPH yang terletak di Kelurahan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat tersebut sekaligus merenovasi atap bangunan serta dilakukan pengecoran pada lantainya.

"Hal tersebut dilakukan agar RPH tidak lagi terbengkalai dan layak difungsikan sebagimana mestinya," katanya.

Hanya saja, lanjut dia, pihaknya belum mengetahui secara rinci terkait besaran biaya yang akan digunakan untuk melengkapi dan merenovasi RPH tersebut.

"Belum tahun berapa anggaran yang dibutuhkan nanti karena rencana perbaikan akan kami usulkan diperbaiki menggunakan dana APBD Perubahan Pemkab OKU Tahun Anggaran 2018," ungkapnya.

Namun kata dia, jika tidak memungkinkan dibangun tahun ini maka pembangunan dilakukan melalui dana APBD OKU tahun anggaran 2019.

"Jika tidak memungkinkan dibangun tahun ini makan pembangunannya dilakukan 2019," jelasnya.

Menurut dia, jika sarana dan prasarana di RPH sudah dilengkapi maka dapat mengakomodir para pemotong hewan di wilayah sehingga dalam memotong hewan ternak seperti sapi dilakukan di tempat yang telah disediakan.

"Jika difungsikan, di RPH ini dapat dilakukan pemotongan hewan ternak jenis sapi sebanyak 5-10 ekor setiap harinya," ujarnya.