Pembangunan antarkabupaten dan kota di Sumsel harus singkron

id pembangunan antarkabupaten dan kota,antarkabupaten harus singkron,singkronisasi pembangunan,ketua bappeda sumsel,ekowati,pembangunan sumsel

Pembangunan antarkabupaten dan kota di Sumsel harus singkron

Ekowati Retnaningsih (ANTARA News Sumsel/Ist)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pembangunan di Sumatera Selatan harus singkron dengan Kabupaten dan kota di daerah itu supaya program yang dilaksanakan dapat berlanjut.

Ketua Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih di Palembang, Kamis mengatakan, singkronisasi tersebut supaya pembangunan di kabupaten dan kota berkesinambungan.

"Bukan itu saja tetapi singkronisasi itu juga terintegrasi dengan organisasi perangkat daerah dengan kabupaten dan kota," ujar dia.

Menurut dia, sinkronisasi yang dilakukan itu sebagai panduan bagi seluruh stakeholder di Sumsel dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2019.

Apalagi rancangan Rencana Kerja Pemerintah 2019 yang menjadi prioritas nasional bertemakan pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas, ujar dia.

Dia mengatakan, pembangunan yang dilaksanakan antara lain pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, kemudian pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.

Selain itu juga peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif, ujar dia.

Selanjutnya pemantapan ketahanan energi, pangan dan ketahanan sumber daya air

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

Oleh karena itu pihaknya bersama pemerintah kabupaten dan kota telah melaksanakan rapat yang bertajuk Sinkronisasi untuk rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2019.

Sebelumnya Gubenur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, arah kebijakan pembangunan daerah pada 2019 menjadi tanggung jawab bersama.

Untuk Pejabat Sementara Bupati maupun wali kota harus mempersiapkan sejak dini dan bertanggung jawab bersama kepala daerah yang terpilih, tambah dia.