Kopertis-X minta penerima hibah harus inovatif

id penelitian,ilmuwan,dana penelitian,berita sumsel,berita palembang,kopertis wilayah X,Prof Herri,dosen kampus swasta,dosen,penelitian ilmiah

Kopertis-X minta penerima hibah harus inovatif

Ilustrasi- Penelitian. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Padang (ANTARA News Sumsel) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri meminta dosen kampus swasta di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemenristekdikti untuk inovatif dan solutif.

"Artinya penelitian dan pengabdian itu menghasilkan produk terbarukan dan bermanfaat," kata dia di Padang, Senin.

Menurutnya dengan penandatanganan kontrak pada Kamis (15/2) lalu menjadi awal bagi dosen memikirkan dan menciptakan keluaran penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam hal ini dosen dituntut terus memperbarui informasi terkait perkembangan yang terjadi di dunia dan menggali potensi untuk menyelesaikan persoalannya.

Penelitian atau pengabdian tersebut harus bernilai bukan semata mengejar capaian jurnal bereputasi namun juga menghasilkan paten.

Terlebih dalam hibah terdapat tujuan tertentu yang sasarannya menyejahterakan masyarakat.

Apapun bidangnya, tambahnya tujuannya tetap sama dalam memberikan solusi dari persoalan di tengah masyarakat.

"Kita ada 250 kampus dan lebih 9.000 dosen,  dan yang mendapat hibah lebih dari 700 setidaknya muncul inovasi," ujar dia.

Ke depan Kopertis juga akan melakukan pengawasan dan kinerja dari penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut.

Dengan Kopertis akan mengevaluasi kepantasan dosen dan kampus penerima hibah sekaligus dapat melihat potensi yang muncul.

Saat ini kata dia Kopertis X memiliki layanan secara daring untuk konsultasi penelitian atau pengabdian masyarakat tersebut.

Hal ini dapat terlihat di laman daring kopertis10.or.id.
(T.KR-DYA//H. Agusta)