Menaker: PT miliki tantangan berat hadapi globalisasi

id M Hanif Dhakiri,Menaker,Menteri Tenaga Kerja,tantangan perguruan tinggi,era globalisasi,seminar nasional,Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta,Asosiasi Per

Menaker:  PT miliki tantangan berat hadapi globalisasi

Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri (kanan). (ANTARA Sumsel/Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri mengatakan, perguruan tinggi punya tantangan sangat berat dalam menghadapi era globalisasi saat ini.

Apalagi lulusan perguruan tinggi kadang - kadang masih sulit untuk masuk dalam dunia kerja karena masih kurang keahlian, kata menteri saat berbicara dalam seminar nasional yang dilaksanakan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia di Palembang, Jumat.

Gelar sarjana komputer, umpamanya, belum begitu memahami praktek di lapangan sehingga perusahaan tidak dapat menempatkan posisi mereka.

Jadi sebagai sarjana bila diterima dalam perusahaan kedudukan mereka tidak sesuai dengan jabatan lulusan, ujar dia.

Jadi permasalahan tersebut menjadi tantangan bagi perguruan tinggi supaya alumni yang dihasilkan diterima dalam perusahaan dengan kedudukan yang sesuai, ujar menteri.

Sehubungan dengan itu, perguruan tinggi harus meningkatkan kualitas dalam menghadapi era teknologi tanpa batas sekarang ini.

"Yang jelas kami terus mendorong supaya perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, apalagi sekarang ini perkembangan teknologi sudah tidak dapat tanpa batas.

Menteri juga minta agar lulusan perguruan tinggi harus meningkatkan kualitas dan keterampilan supaya dapat berkiprah dalam dunia usaha, kata menteri.

Namun, lanjut dia, yang lebih baik lagi lulusan perguruan tinggi dapat menciptakan lapangan kerja karena alumni setiap tahun terus bertambah.

Dalam acara tersebut juga hadir Gubernur Sumsel Alex Noerdin sekaligus menyosialisasikan Asian Games.
(T.U005/R010)