Harga ikan gabus naik akibat pasokan berkurang

id ikan gabus,harga ikan giling,berita palembang,berita sumsel,pasokan ikan gabus,pedagang ikan

Pedagang ikan gabus (ANTAR News Sumsel/Feny Selly/Ang)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Harga ikan giling di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Kamis, mengalami penaikan karena berkurangnya pasokan hingga harganya mencapai Rp65 ribu per kilogram.

Mukmin, pedagang daging ikan, di Pasar Perumnas Palembang, mengatakan bahwa melonjak harga dari biasanya hanya Rp45 ribu/kg karena pasokan yang berkurang akibat pengaruh cuaca.

"Pasokan dari agen sedikit karena air sedang dalam," katanya.

Kenaikan harga bukan hanya pada ikan segar, melainkan juga ikan gabus giling, seperti di Pasar Lemabang, bergerak naik dari Rp55 ribu/kg menjadi Rp60 ribu/kg hingga Rp65 ribu/kg.

Alamsyah, pedagang ikan giling di pasar tersebut, mengatakan bahwa pasokan dari Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir berkurang sejak sepekan terakhir.

Saat ini pasokan ikan gabus di Palembang sebagian besar dari OKI karena lokasi-lokasi di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin terbilang sudah tidak banyak lagi.

"Dari agen agak kurang sedikit karena ada hujan lebat beberapa hari lalu," katanya.

Ikan gabus merupakan salah satu bahan baku yang cukup digemari masyarakat untuk membuat empek-empek selain ikan tenggiri karena harganya relatif terjangkau.

Sementara itu, karena kenaikan harga ini membuat konsumen beralih ke ikan laut, seperti ikan ruca dan ikan parang-parang, yang relatif lebih murah, sebagaimana diungkapkan Soleha, ibu rumah tangga.

"Tidak mesti ikan gabus, bisa pakai ikan lain. Tetap enak juga dibuat pempek meski harganya murah," katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar