Rafflesia gadutensis mekar sempurna di Bengkulu

id rafflesia,bunga bangkai,fafflesia mekar,bunga langka,bengkulu timur,berita palembang,berita sumsel

Rafflesia gadutensis mekar sempurna di Bengkulu

Rafflesia Arnoldi (Ist)

Bengkulu (Antaranews Sumsel) - Satu bunga langka Rafflesia gadutensis ditemukan mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, sekitar 70 kilometer dari Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

"Bunga sudah mekar sempurna memasuki hari kedua dan masih cantik untuk dinikmati," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Riki Septian di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan sejak dibuka untuk umum pada Sabtu (6/1), habitat bunga langka itu sudah dikunjungi wisatawan domestik yang ingin mengabadikan momen mekar bunga langka tersebut.

Para pengunjung kata dia dipandu memasuki kawasan hutan yang berada di objek wisata air terjun Palak Siring Kemumu tersebut guna menghindari gangguan terhadap habitat bunga itu.

"Pengunjung perlu dipandu karena berpotensi mengganggu tumbuhan inang atau calon bunga rafflesia berbentuk bonggol," ucapnya.

Riki mengatakan lokasi bunga mekar dapat dijangkau dengan mudah. Cukup berjalan kaki selama lima menit ke dalam kawasan hutan lindung menyusuri tangga beton yang sudah tersedia.

Setelah masuk sejauh 100 meter menyusuri tangga beton, pengunjung diarahkan ke sisi kiri kawasan hutan memasuki habitat bunga langka dilindungi itu.

"Pengunjung masih bisa menikmati keunikan bunga langka ini hingga tiga hari ke depan," ucapnya.

Hutan lindung Boven Lais merupakan habitat tiga jenis Rafflesia sp. Selain Raffesia gadutensis, di kawasan ini juga ditemukan Rafflesia arnoldii dan Rafflesia kemumu yang merupakan rafflesia jenis terbaru dari hutan Bengkulu.
(T.H019/H. Zainudin)