RS Mata Sumatera Selatan raih SNI Award

id RS Mata, Rumah Sakit Mata, medali perak, standarisasi nasional, Budi Raharjo

RS Mata Sumatera Selatan raih SNI Award

Dokumentasi- Peresmian rumah sakit (ANTARA Sumsel)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Rumah Sakit Mata Provinsi Sumatera Selatan meraih anugerah pada ajang SNI Award 2017 belum lama ini dengan meraih medali perak atas keberhasilan mengikuti standarisasi nasional sebagai fasilitas kesehatan.

Kepala Bidang Kehumasan Badan Standarisasi Nasional Budi Raharjo di Palembang, Selasa, mengatakan, prestasi ini patut diacungi jempol karena menjadi satu-satunya RS Mata di Indonesia yang telah memiliki sertifikat SNI dan sekaligus meraih prestasi di ajang SNI Award.

"Artinya pendampingan yang dilakukan BSN ini tidak sia-sia, diharapkan dengan keberhasilan ini dapat meningkatkan daya saing RS Mata Sumsel," kata dia.

Daya saing ini terkait potensi dari Kota Palembang di masa datang yang berperkirakan akan bertumbuh pesat setelah menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018.

Kota Palembang diperkirakan bakal menjadi kota baru di Indonesia yang menjadi tujuan wisata, baik wisata olahraga, belanja, kuliner, sejarah, dan lainnya.

"Saat ini sudah menjadi yang terbaik di Indonesia, artinya tidak menutup kemungkinan bakal menjadi tujuan untuk berobat dari negara-negara tetangga. Apalagi saat ini sudah ada 39 penerbangan langsung ke berbagai kota di Indonesia, dan penerbangan langsung ke Singapura, Malaysia, dan Tiongkok," kata dia.

Kepala Bidang Tata Usaha RS Mata Sumsel Dr Samsul mengatakan untuk memenangkan daya saing tersebut berbagai inovasi dilakukan, di antaranya dengan telah menjadi rujukan operasi lasik, memiliki ruang belajar untuk dokter, memiliki optik sendiri, dan memiliki bank data pasien terkait penyakit menular.

"Ke depan akan dilakukan inovasi pendaftaran pasien secara online," kata dia.

RS Mata Sumsel ini juga akan dijadikan rumah sakit resmi saat perhelatan Asian Games XVIII tahun 2018.